Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Jatimulyo 1 Kota Malang / Willis Rahayuningtyas

Main Author: Rahayuningtyas, Willis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103477/
Daftar Isi:
  • KataKunciProblemBasedLearning(PBL)MotivasiHasilBelajarPKnSD.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganGuruMataPelajaranPKndiSDNJatimulyo1KotaMalangdiketahuibahwamotivasisiswarelatifrendahsehinggahasilbelajarsiswajugarendah.SalahsatuupayayangdapatdilakukanadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).ProsesbelajarPBLdibentukdariketidakteraturandankompleksnyamasalahyangadadidunianyata.Haltersebutdigunakansebagaipendorongbagisiswauntukbelajarmengintegrasikandanmengorganisasiinformasiyangdidapatsehingganantinyadapatselaludiingatdandiaplikasikanuntukmenyelesaikanmasalah-masalahyangakandihadapi.Masalah-masalahyangdidesaindalamPBLmemberitantanganpadasiswauntuklebihmengembangkanketerampilanberpikirkritisdanmampumenyelesaikanmasalahsecaraefektif.PenelitiandilakukandiSDNJatimulyo1KotaMalangpadatanggal3Februari2011sampaidengan10Maret2011.PenelitiandilaksanakandalamrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SiklusImembahastentangorganisasidilingkungansekolahsedangkansiklusIImembahastentangorganisasidilingkunganmasyarakat.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVSDNJatimulyo1KotaMalangberjumlah12siswayakni7siswaperempuandan5siswalaki-laki.SetelahmodelProblemBasedLearning(PBL)diterapkandiperolehhasilpenelitianyangmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLcukupefektif.Halinidibuktikandenganpeningkatanmotivasisertahasilbelajarsiswa.PeningkatannilaimotivasibelajarsiswamenunjukkanpeningkatanyangcukupsignifkandarisetiapaspeknyayaitudariaspekattentionRelevanceConfidencedanSatisfaction.Hasilbelajaryangterdiridariaspekkognitifafektifdanpsikomotorjugamengalamipeningkatan.PadaaspekafektifterjadipeningkatandarisiklusI289menjadi367padasiklusII.PadaaspekpsikomotorjugaterjadipeningkatandarisiklusI333menjadi372padasiklusII.DalamaspekkognitifterjadipeningkatanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIyaitu833%menjadi100%padasiklusII.DaripenerapanmodelPBLyangdirasacukupefektifyangdibuktikandenganadanyapeningkatanpadamotivasidanhasilbelajarsiswamakaperluuntukdipertahankan.NamununtukmendapatkanhasilyanglebihbaikmakapadasaatgurumenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)gurulebihmembimbingsiswapadasaatmenentukansubtopikdanpengorganisasiannyakedalamkelompokagarsiswatidakmerasakesulitan.