Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Muslikah

Main Author: Muslikah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103459/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranIPSmetodepemberiantugashasilbelajarPemilihanmetodepembelajaransangatpentinguntukdipertimbangkanolehgurukarenametodepembelajaranyangtepatdapatmembantusiswadalammempelajarimateri.Berdasarkanhasilobservasimetodeyangdigunakanolehguruadalahceramahsiswakurangterlibataktifdalampembelajaranhalitudiperkuatdenganrata-ratanilaiUlanganAkhirSemestersiswakelasIVSDNIVRejotanganadalah503.AlternatifpemecahanmasalahtersebutyaitumenggunakanmetodepemberiantugasdalampembelajaranIPS.Tujuanpenelitianini1)MendeskripsikanpenerapanmetodepemberiantugaspadapembelajaranIPSdikelasIVSDNIVRejotanganKabupatenTulungagung2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPSmelaluimetodepemberiantugasdikelasIVSDNIVRejotanganKabupatenTulungagung.Penelitianiniadalahjenispenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianterdiridariduasiklustiapsiklusterdiridariduapertemuan.Instrumendalampenelitianiniyaitulembarobservasiaktivitassiswalembarobservasiaktivitasgurutesangketdankamera.Datadirekamdenganinstrumentersebut.Datayangdiperolehdisajikandalambentuktabeldandianalisissecaradeskriptif.BerdasarkanhasilpenelitiandaripratindakansampaisiklusIIpertemuan2diketahuipersentasepeningkatanaktivitassiswapeningkatanaktivitasgurudanhasilbelajarsiswamatapelajaranIPSkelasIVSDNIVRejotanganKabupatenTulungagung.AktivitasgurudalampelaksanaanpembelajaranpadasiklusIpertemuan1mengalamipeningkatansebesar27%kemudianpadasiklusIpertemuan2mengalamipeningkatan6%danpadasiklusIIpertemuan1mengalamipeningkatansebesar4%danpadasiklusIIpertemuan2mengalamipeningkatansebesar6%.Persentaseaktivitassiswamengalamipeningkatansebesar916%padasiklusIpertemuan1padasiklusIpertemuan2mengalamipeningkatan1025%padasiklusIIpertemuan1mengalalamipeningkatansebesar959%danpadasiklusIIpertemuan2mengalamipeningkatansebesar1141%.HasilbelajarsiswapadasiklusIpertemuan1mengalamipenurunansebesar116%padasiklusIpertemuan2terjadipeningkatansebesar355%padasiklusIIpertemuan1terjadipeningkatan1078%danpadasiklusIIpertemuan2terjadipeningkatansebesar85%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwametodepemberiantugasdapatditerapkandalampembelajaranIPSdiSDdandapatmeningkatkankemampuansertahasilbelajarsiswa.