Peningkatan keterampilan berbicara nahasa jawa ragam krama inggil dengan metode dialog pendek siswa kelas IV SDN Kepuharjo 01 Karangploso Malang / Evi Novitasari

Main Author: Novitasasri, Evi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103438/
Daftar Isi:
  • KataKunciMetodedialogpendekketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilKetikaseseorangberbicaradenganoranglaindalamBahasaJawaragamkramainggilmakaperludiperhatikanadanyatatananberbahasaJawayangbenarUntukitudiperlukanadanyabimbinganyangtepatsejakdinikepadasiswaterhadaptatanantersebut.BerkaitandenganprosespembelajaranBahasaJawaragamkramainggildiperlukanadanyatenagapendidikyangkhususmenempuhfokusBahasaJawasehinggadapatmengarahkansiswaagarmampumeningkatkandanmenyeimbangkanantaraketerampilanreseptifdanketerampilanproduktifnyaketikaberbicaraatauberkomunikasidalamkehidupansosial.Peneltianinibertujuanuntuk(1)MengetahuiberjalannyaprosespembelajaranBahasaJawaragamkramainggilmelaluimetodedialogpendeksiswakelasIVdiSDNegeriKepuharjo01KarangplosoMalang(2)MeningkatkanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilmelaluimetodedialogpendeksiswakelasIVdiSDNegeriKepuharjo01KarangplosoMalang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangdilakukanmelaluiduasiklusdenganmenggunakanmetodepembelajarandialogpendek.InstrumenpenelitianiniadaduamacamyakniinstrumentesyangberupateslisanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswamelaluimetodedialogpendekdalamprosespembelajaranyanghasilnyadianalisismelaluidatakuantitatif.Instrumenkeduaadalahinstrumennontesberupalembarobservasisiswadanlembarobservasiguruyangdianalisismelaluidatakuantitatif.Berikutnyaadalahpanduanwawancarasiswadanpanduanwawancaraguruyanghasilnyadianalisismelaluidatakualitatif.Istrumenketigadalampenelitianiniadalahinstrumenpelengkapyangberupadokumentasigambar/fotodarihasilprosespembelajaran.ProseskegiatanpembelajarandenganmetodedialogpendekyangdilakukandandiberikankepadasiswadalampenelitianiniantaralainMelengkapiteksdialog/percakapanmenggunakanBahasaJawaragamkramainggilyangbenar.Membuatdialog/percakapanBahasaJawaragamkramainggildenganbahasadanstrukturkalimatyangdibangunsendiriolehsiswa.Berlatihmenghafalkandialog/percakapandengantemansatuanggotakelompoknya.Hasildialogyangsudahdisusunsiswadandihafalkanbersamatemansatukelompoktersebutkemudiandiperagakandidepankelas.Mengubahtatananbahasangokoyangseharusnyamenggunakanbahasakramainggildanbegitujugasebaliknya.Kegiatanyangterakhiradalahmengapresiasidialogyangdilakukanolehtemandarikelompoklain.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswameningkatsetelahdiberikanmetodepembelajarandialogpendek.Halinidapatdibuktikanketikapadapadapratindakanketuntasanbelajarsiswahanya5869%.SedangakanpadasiklusIketuntasanbelajarsiswameningkatmenjadi8043%.PadasiklusIIketuntasanbelajarsiswameningkatlagimenjadi9565%.Begitujugadenganskorperolehanhasilobservasiaktivitassiswamenunjukkanadanyapeningkatan.PadasiklusIpertemuanIsebesar4375%.PadasiklusIpertemuanIIsebesar625%sehinggapeningkatanaktivitassiswayangterjadipadasiklusIsebesar1875%.PadasiklusIIpertemuanIsebesar75%danpadasiklusIIpertemuanIIsebesar100%sehinggapeningkatanaktivitassiswayangterjadipadasiklusIIsebesar25%.HasiljawabansiswamelaluiwawancaramulaidarisiklusIsampaidengansiklusIIjugamenunjukkanbahwasiswamerasasenangdengandiberikannyametodedialogpendekpadapembelajaranBahasaJawaragamkramainggilkarenasiswamerasasetelahdiberikannyametodedialogpendekinipengetahuandanpemahamansiswatentangBahasaJawaragamkramainggilmenjadimeningkat.DarihasilberbagaidatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodedialogpendekdapatmeningkatkanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurudanpihak-pihakterkaithendaknyamenyajikanmateridenganmemilihmetodeyangtepatdanmenarikminatsiswa.Halinidiperlukanuntukmeningkatkankompetensiyangdimilikisiswadalamupayapencapaiantujuanpembelajaransecaraoptimal