Peningkatan keterampilan berbicara nahasa jawa ragam krama inggil dengan metode dialog pendek siswa kelas IV SDN Kepuharjo 01 Karangploso Malang / Evi Novitasari
Main Author: | Novitasasri, Evi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103438/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMetodedialogpendekketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilKetikaseseorangberbicaradenganoranglaindalamBahasaJawaragamkramainggilmakaperludiperhatikanadanyatatananberbahasaJawayangbenarUntukitudiperlukanadanyabimbinganyangtepatsejakdinikepadasiswaterhadaptatanantersebut.BerkaitandenganprosespembelajaranBahasaJawaragamkramainggildiperlukanadanyatenagapendidikyangkhususmenempuhfokusBahasaJawasehinggadapatmengarahkansiswaagarmampumeningkatkandanmenyeimbangkanantaraketerampilanreseptifdanketerampilanproduktifnyaketikaberbicaraatauberkomunikasidalamkehidupansosial.Peneltianinibertujuanuntuk(1)MengetahuiberjalannyaprosespembelajaranBahasaJawaragamkramainggilmelaluimetodedialogpendeksiswakelasIVdiSDNegeriKepuharjo01KarangplosoMalang(2)MeningkatkanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilmelaluimetodedialogpendeksiswakelasIVdiSDNegeriKepuharjo01KarangplosoMalang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangdilakukanmelaluiduasiklusdenganmenggunakanmetodepembelajarandialogpendek.InstrumenpenelitianiniadaduamacamyakniinstrumentesyangberupateslisanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswamelaluimetodedialogpendekdalamprosespembelajaranyanghasilnyadianalisismelaluidatakuantitatif.Instrumenkeduaadalahinstrumennontesberupalembarobservasisiswadanlembarobservasiguruyangdianalisismelaluidatakuantitatif.Berikutnyaadalahpanduanwawancarasiswadanpanduanwawancaraguruyanghasilnyadianalisismelaluidatakualitatif.Istrumenketigadalampenelitianiniadalahinstrumenpelengkapyangberupadokumentasigambar/fotodarihasilprosespembelajaran.ProseskegiatanpembelajarandenganmetodedialogpendekyangdilakukandandiberikankepadasiswadalampenelitianiniantaralainMelengkapiteksdialog/percakapanmenggunakanBahasaJawaragamkramainggilyangbenar.Membuatdialog/percakapanBahasaJawaragamkramainggildenganbahasadanstrukturkalimatyangdibangunsendiriolehsiswa.Berlatihmenghafalkandialog/percakapandengantemansatuanggotakelompoknya.Hasildialogyangsudahdisusunsiswadandihafalkanbersamatemansatukelompoktersebutkemudiandiperagakandidepankelas.Mengubahtatananbahasangokoyangseharusnyamenggunakanbahasakramainggildanbegitujugasebaliknya.Kegiatanyangterakhiradalahmengapresiasidialogyangdilakukanolehtemandarikelompoklain.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswameningkatsetelahdiberikanmetodepembelajarandialogpendek.Halinidapatdibuktikanketikapadapadapratindakanketuntasanbelajarsiswahanya5869%.SedangakanpadasiklusIketuntasanbelajarsiswameningkatmenjadi8043%.PadasiklusIIketuntasanbelajarsiswameningkatlagimenjadi9565%.Begitujugadenganskorperolehanhasilobservasiaktivitassiswamenunjukkanadanyapeningkatan.PadasiklusIpertemuanIsebesar4375%.PadasiklusIpertemuanIIsebesar625%sehinggapeningkatanaktivitassiswayangterjadipadasiklusIsebesar1875%.PadasiklusIIpertemuanIsebesar75%danpadasiklusIIpertemuanIIsebesar100%sehinggapeningkatanaktivitassiswayangterjadipadasiklusIIsebesar25%.HasiljawabansiswamelaluiwawancaramulaidarisiklusIsampaidengansiklusIIjugamenunjukkanbahwasiswamerasasenangdengandiberikannyametodedialogpendekpadapembelajaranBahasaJawaragamkramainggilkarenasiswamerasasetelahdiberikannyametodedialogpendekinipengetahuandanpemahamansiswatentangBahasaJawaragamkramainggilmenjadimeningkat.DarihasilberbagaidatadiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodedialogpendekdapatmeningkatkanketerampilanberbicaraBahasaJawaragamkramainggilsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurudanpihak-pihakterkaithendaknyamenyajikanmateridenganmemilihmetodeyangtepatdanmenarikminatsiswa.Halinidiperlukanuntukmeningkatkankompetensiyangdimilikisiswadalamupayapencapaiantujuanpembelajaransecaraoptimal