Peningkatan keterampilan menulis karangan melalui metode karya wisata pada siswa kelas IV SDN Beji IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Petrus Gaiteborbir

Main Author: Gaiteborbir, Petrus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103412/
Daftar Isi:
  • KataKunciKaryaWisatamenuliskarangansekolahdasar.Salahsatukemampuanberbahasayangharusdikuasaiadalahketerampilanmenulis.Keterampilanmenulisdisekolahdasardibedakanatasketerampilanmenulispermualaandanketerampilanmenulislanjutketerampilanmenulispermulaanditekankanpadakegiatanmenulisdenganmenjiplakmenebalkanmencontohmelengkapimenyalinmendiktedanmelengkapicerita.Sedangkanpadaketerampilanmenulislanjutdiarahkanpadamenulisuntukmengungkapkanpikiranperasaandaninformasidalambentukpercakapanceritadanlaporankegiatan.UntukmemecahkanpermasalahanyangterjadimakasalahsatutindakanyanginovatifadalahpenelitiantindakankelasyangdimaksuduntukmencapaitujuanpembelajaranyaitumendeskripsikanpeningkatkanketerampilanmenuliskaranganberdasarkanpengalamansiswakelasIVsertadampakpenerapanmetodekaryawisataterhadapaktivitasdanhasilbelajarsiswadalammenuliskarangan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodekaryawisata.PembelajarandilaksanakanpadamatapelajaranBahasaIndonesiakhususnyamateripokokmenuliskaranganberdasarkanpengalaman.Tindakanpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNBejiIVkecamatanBejikabupatenPasuruanyangberjumlah18siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdanobservasiselamaprosespembelajaran.PenelitianinidilaksanakansebanyakduasiklussesuaidenganalurpenelitianPTK.Hasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilketerampilanmenuliskarangansecaraklasikalmengalamipeningkatandari2222%padaprasiklusmenjadi6666%padasiklusIkemudianmenjadi956%padasiklusII.Hasilbelajarberupaketerampilanprosesbekerjasamameningkatdari652%padasiklusIkemudianmengalamipeningkatanmenjadi956%padasiklusII.Secarakeseluruhanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandanmencapaitargetyangtelahditetapkansetelahpembelajarandenganmengunakanmetodekaryawisataditerapkan.DarihasilpenelitianinidiharapkanagargurumenerapkanmetodekaryawisatadalammengajarkanmatapelajaranBahasaIndonesiasehinggadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswamenjadilebihbermakna.Bagipenelitilaindiharapkandapatmenelitidenganmenggunakanmetodeataupendekatanlaindalamrangkahpemberdayaanmutupembelajarandisekolah.