Peningkatan keterampilan menulis karangan melalui metode karya wisata pada siswa kelas IV SDN Beji IV Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Petrus Gaiteborbir
Main Author: | Gaiteborbir, Petrus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103412/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKaryaWisatamenuliskarangansekolahdasar.Salahsatukemampuanberbahasayangharusdikuasaiadalahketerampilanmenulis.Keterampilanmenulisdisekolahdasardibedakanatasketerampilanmenulispermualaandanketerampilanmenulislanjutketerampilanmenulispermulaanditekankanpadakegiatanmenulisdenganmenjiplakmenebalkanmencontohmelengkapimenyalinmendiktedanmelengkapicerita.Sedangkanpadaketerampilanmenulislanjutdiarahkanpadamenulisuntukmengungkapkanpikiranperasaandaninformasidalambentukpercakapanceritadanlaporankegiatan.UntukmemecahkanpermasalahanyangterjadimakasalahsatutindakanyanginovatifadalahpenelitiantindakankelasyangdimaksuduntukmencapaitujuanpembelajaranyaitumendeskripsikanpeningkatkanketerampilanmenuliskaranganberdasarkanpengalamansiswakelasIVsertadampakpenerapanmetodekaryawisataterhadapaktivitasdanhasilbelajarsiswadalammenuliskarangan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodekaryawisata.PembelajarandilaksanakanpadamatapelajaranBahasaIndonesiakhususnyamateripokokmenuliskaranganberdasarkanpengalaman.Tindakanpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNBejiIVkecamatanBejikabupatenPasuruanyangberjumlah18siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdanobservasiselamaprosespembelajaran.PenelitianinidilaksanakansebanyakduasiklussesuaidenganalurpenelitianPTK.Hasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilketerampilanmenuliskarangansecaraklasikalmengalamipeningkatandari2222%padaprasiklusmenjadi6666%padasiklusIkemudianmenjadi956%padasiklusII.Hasilbelajarberupaketerampilanprosesbekerjasamameningkatdari652%padasiklusIkemudianmengalamipeningkatanmenjadi956%padasiklusII.Secarakeseluruhanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandanmencapaitargetyangtelahditetapkansetelahpembelajarandenganmengunakanmetodekaryawisataditerapkan.DarihasilpenelitianinidiharapkanagargurumenerapkanmetodekaryawisatadalammengajarkanmatapelajaranBahasaIndonesiasehinggadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswamenjadilebihbermakna.Bagipenelitilaindiharapkandapatmenelitidenganmenggunakanmetodeataupendekatanlaindalamrangkahpemberdayaanmutupembelajarandisekolah.