Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning model STAD mata pelajaran IPS kelas VA SDN Mergosono I Kota Malang / M. Habiburrohman
Main Author: | Habiburrohman, M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103402/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPendekatanKooperatifmodelSTADHasilBelajarIPSSDBerdasarkanobservasiawalsiswakelasVSDNMergosono01ditemukanbeberapapermasalahanyaitu1)penggunaanmetodepembelajaranhanyaceramahsaja2)siswatidakdapatmemahamimateriyangdisampaikanguru3)siswamerasabosanuntukbelajarIPSkarenaselalucenderungmenghafal4)rendahnyahasilbelajarsiswanilaisiswamasihdibawahstandartketuntasanminimalyaituhanya185%siswadari27siswaatauhanya5siswayangmampumencapaiketuntasanminimaldengankriteriaketuntasanindividu70.Sedangkanrata-ratakelasnyahanyamencapai585.Haltersebutdikarenakanpembelajaranmasihmenggunakanmetodeyangmonotonyaituceramahsehinggaguruberperanaktifdalampembelajaran.Untukmengatasihaltersebutdiatasperludiadakanpembaharuandalamhalpendekatanpembelajaran.PendekatanpembelajaranyangsesuaiadalahpendekatankooperatifmodelSTADyaitupembelajarankelompokyangterdiridariberbagaitingkatkemampuansiswa(heterogen).TujuandaripenilitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADpadapembelajaranIPSsiswamateripokokkeragamankenampakanalamdanbuatankelasVASDNMergosonoIMalang.mendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSdenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifmodelSTADmateripokokkenampakanalamdanbuatankelasVASDNMergosonoIMalang.RancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).LangkahPTKinimeliputi2siklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaantindakandanobservasirefleksidanrevisi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVASDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalangyangberjumlah27siswayangterdiridari8siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Instrumenyangdigunakanadalahpedomanobservasiwawancaratesdandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelSTADdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalang.HalinidilihatdaripeningkatanaktifitassiswadarisiklusIkesiklusII.Perolehanrata-ratapostesyangjugameningkattajamdarirata-ratasebelumnya(585)mengalamipeningkatanpadasiklusIdenganrata-ratakelassebesar(6518)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyayaitu(48%)meningkatpadasiklusIIdenganrata-ratakelasnyasebesar(7518)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyasebesar(8518%).BerdasarkanhasilpenilitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalang.Disarankanuntukpenelitianselanjutnyahendaknyadapatmemperbaikikelemahan-kelemahanyangadasehinggapembelajarandiharapkanberjalanseoptimalmungkin.