Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning model STAD mata pelajaran IPS kelas VA SDN Mergosono I Kota Malang / M. Habiburrohman

Main Author: Habiburrohman, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103402/
Daftar Isi:
  • KataKunciPendekatanKooperatifmodelSTADHasilBelajarIPSSDBerdasarkanobservasiawalsiswakelasVSDNMergosono01ditemukanbeberapapermasalahanyaitu1)penggunaanmetodepembelajaranhanyaceramahsaja2)siswatidakdapatmemahamimateriyangdisampaikanguru3)siswamerasabosanuntukbelajarIPSkarenaselalucenderungmenghafal4)rendahnyahasilbelajarsiswanilaisiswamasihdibawahstandartketuntasanminimalyaituhanya185%siswadari27siswaatauhanya5siswayangmampumencapaiketuntasanminimaldengankriteriaketuntasanindividu70.Sedangkanrata-ratakelasnyahanyamencapai585.Haltersebutdikarenakanpembelajaranmasihmenggunakanmetodeyangmonotonyaituceramahsehinggaguruberperanaktifdalampembelajaran.Untukmengatasihaltersebutdiatasperludiadakanpembaharuandalamhalpendekatanpembelajaran.PendekatanpembelajaranyangsesuaiadalahpendekatankooperatifmodelSTADyaitupembelajarankelompokyangterdiridariberbagaitingkatkemampuansiswa(heterogen).TujuandaripenilitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADpadapembelajaranIPSsiswamateripokokkeragamankenampakanalamdanbuatankelasVASDNMergosonoIMalang.mendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSdenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifmodelSTADmateripokokkenampakanalamdanbuatankelasVASDNMergosonoIMalang.RancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).LangkahPTKinimeliputi2siklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaantindakandanobservasirefleksidanrevisi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVASDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalangyangberjumlah27siswayangterdiridari8siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Instrumenyangdigunakanadalahpedomanobservasiwawancaratesdandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelSTADdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalang.HalinidilihatdaripeningkatanaktifitassiswadarisiklusIkesiklusII.Perolehanrata-ratapostesyangjugameningkattajamdarirata-ratasebelumnya(585)mengalamipeningkatanpadasiklusIdenganrata-ratakelassebesar(6518)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyayaitu(48%)meningkatpadasiklusIIdenganrata-ratakelasnyasebesar(7518)danprosentaseketuntasanbelajarkelasnyasebesar(8518%).BerdasarkanhasilpenilitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktifitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNMergosono1KecamatanKedungkandangKotaMalang.Disarankanuntukpenelitianselanjutnyahendaknyadapatmemperbaikikelemahan-kelemahanyangadasehinggapembelajarandiharapkanberjalanseoptimalmungkin.