Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN Pungging tutur Pasuruan / Abdul Azis
Main Author: | Azis, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103382/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajaranJigsawhasilbelajartentangglobalisasiPKn.PenelitianiniberlatarbelakangadanyakualitaspraktikpembelajarandikelasIVSDNPunggingyangrelatifrendah.Kurangaktifnyasiswadalamprosespembelajarantentangglobalisasidisebabkangurukurangkreatifdalampenggunaanmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajar.Keaktifansiswadalambelajarmasihrendahsiswa-siswakurangkreatifkurangmenyenangkankarenapembelajaranyangmasihcenderungberpusatpadagurudanhasildaripenelitilainmenunjukkanadanyapeningkatanprestasibelajarsiswadenganpenerapanmodelpembelajaranJigsaw.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeJigsawdalammeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasIVdiSDNPunggingKabupatenPasuruanpadapembelajaranPKntentangGlobalisasi.(2)mendeskripsikanpengaruhpenggunaanModelPembelajaranKooperatiftipeJigsawdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVdiSDNPunggingKabupatenPasuruanpadapembelajaranPKntentangGlobalisasi.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinidilakukandenganrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukanmelalui4tahapmulaidaritahapprosesidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Tehnikpengambilandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradokumentasidantes.Analisisdataketuntasanindividumencapaiskor65%ataunilai65dankelasdisebuttuntasbelajarbiladikelastersebutterdapat85%yangtelahmencapaidayaseraplebihdariatausamadengan65%.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarPKnsetelahmendapatpembelajaranPKnmateriglobalisasidenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsaw.Peningkataninidilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajaryangditunjukkanolehskorhasiltes.dilihatdarihasilbelajarsiswasebelumpenerapanmodeljigsawmemperolehnilairata-ratamenjadi724padasiklusIdanmenjadi83padasiklusII.Sedangkanpadapenilaianprosessebelumpenerapanmodelpembelajaranjigsawmemperolehnilairata-rata667menjadi743padasiklusIdanmenjadi853padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinipembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranjigsawdapatdipertimbangkansebagaialternatifmodelpembelajarantentangglobalisasi.Hasilketuntasanbelajarsiswamencapai853diatasketentuanyangditetapkanyaitu70.HasilpenelitianinisangatdimungkinkandapatditerapkandikelasIVsekolahlainjikakondisinyarelatifsamaataumiripdengansekolahyangmenjadilatarpenelitianini.