Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN Pungging tutur Pasuruan / Abdul Azis

Main Author: Azis, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103382/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranJigsawhasilbelajartentangglobalisasiPKn.PenelitianiniberlatarbelakangadanyakualitaspraktikpembelajarandikelasIVSDNPunggingyangrelatifrendah.Kurangaktifnyasiswadalamprosespembelajarantentangglobalisasidisebabkangurukurangkreatifdalampenggunaanmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajar.Keaktifansiswadalambelajarmasihrendahsiswa-siswakurangkreatifkurangmenyenangkankarenapembelajaranyangmasihcenderungberpusatpadagurudanhasildaripenelitilainmenunjukkanadanyapeningkatanprestasibelajarsiswadenganpenerapanmodelpembelajaranJigsaw.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeJigsawdalammeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasIVdiSDNPunggingKabupatenPasuruanpadapembelajaranPKntentangGlobalisasi.(2)mendeskripsikanpengaruhpenggunaanModelPembelajaranKooperatiftipeJigsawdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVdiSDNPunggingKabupatenPasuruanpadapembelajaranPKntentangGlobalisasi.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinidilakukandenganrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukanmelalui4tahapmulaidaritahapprosesidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Tehnikpengambilandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradokumentasidantes.Analisisdataketuntasanindividumencapaiskor65%ataunilai65dankelasdisebuttuntasbelajarbiladikelastersebutterdapat85%yangtelahmencapaidayaseraplebihdariatausamadengan65%.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarPKnsetelahmendapatpembelajaranPKnmateriglobalisasidenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsaw.Peningkataninidilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajaryangditunjukkanolehskorhasiltes.dilihatdarihasilbelajarsiswasebelumpenerapanmodeljigsawmemperolehnilairata-ratamenjadi724padasiklusIdanmenjadi83padasiklusII.Sedangkanpadapenilaianprosessebelumpenerapanmodelpembelajaranjigsawmemperolehnilairata-rata667menjadi743padasiklusIdanmenjadi853padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinipembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranjigsawdapatdipertimbangkansebagaialternatifmodelpembelajarantentangglobalisasi.Hasilketuntasanbelajarsiswamencapai853diatasketentuanyangditetapkanyaitu70.HasilpenelitianinisangatdimungkinkandapatditerapkandikelasIVsekolahlainjikakondisinyarelatifsamaataumiripdengansekolahyangmenjadilatarpenelitianini.