Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Rejosalam 2 Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Ridwan Kamarmir

Main Author: Kamarmir, Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103373/
Daftar Isi:
  • KatakunciinvestigaasikelompokhasilbelajarIPSsekolahdasar.IlmuPengetahuanSosialbertujuanuntukmembentuksiswaagarmemilikikemampuandasaruntukberpikirkritisrasaingintahumenemukanmemecahkanpermasalahandanmemilikiketerampilanbekerjasamadalamkehidupansosial.Selainitusiswajugadituntutmampuberkomunikasibekerjasamadanbersaingdengansehatdalammasyarakatyangmajemukditingkatlokalnasionalmaupunglobal.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikancarapelaksanaanmodelpembelajaraninvestigasikelompokdikelasIVSDNRejosalam2meningkatkanhasilbelajarIPSdikelasIVSDNRejosalam2.PermasalahanyangadadisekolahadalahrendahnyahasilbelajardanmotivasibelajarsiswaterhadapmatapelajaranIPS.PerludiadakaninovasidalampembelajaranIPS.MetodepembelajaranModelInvestigasiKelompokadalahmetodepembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifmulaiperencanaanhinggaevaluasi.Rencanapenelitiandenganmenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNRejosalam2kecamatanPasrepankabupatenPasuruanyangberjumlah21siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantesangketdanobservasiselamaprosespembelajaran.Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusmelaluitahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Hasilpenelitianyangdiperolehsebagaiberikuthasilbelajarkelompokmeningkatdari6904%padasiklusImenjadi7571%padasiklusIIsecaraklasikalmeningkatdari4285%padasiklusImenjadi9047%padasiklusII.MotivasibelajarIPSsiswameningkatdari3809%menjadi6190%padasiswayangmotivasibelajarnyatinggidan476%menjadi952%padasiswayangmotivasibelajarnyasangattinggi.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaModelPembelajaranInvestigasiKelompokberhasildilaksanakandenganbaikdanmeningkatkanhasilbelajardanmotivasibelajarIPSsiswakelasIVSDNRejosalam2.DisarankanagargurumelaksanakanModelPembelajaranInvestigasiKelompoksebagaisalahsatupilihandalampembelajaranIPSagarhasilbelajardanmotivasibelajarsiswameningkat.Sekolahdanlingkungandiharapkanberperanaktifdalammemfasilitasikegiatanbelajarsiswa.