Penerapan pendekatan modelling untuk meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa kelas V SDN Sambitan 02 Pakel Tulungagung / Ida Marlina Sanyoto
Main Author: | Sanyoto, Ida Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103328/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPendekatanmodellingkemampuanmembacakanpuisiSesuaihasilstudiawalyangdilaksanakandiSDNSambitan02TulungagungdidapatibahwaketerampilanmembacapadakemampuansiswadalammembacakanpuisikelasVmasihrendah.Rendahnyakemampuansiswadalampembelajaranmembacakanpuisidisebabkankarenasiswa(1)kurangpercayadiri(2)masihmaluuntukmembacakanpuisididepan(3)kurangmemahamiteknikmembacakanpuisiyangtepat.Keadaantersebutdisebabkanolehbeberapafaktorantaralain(1)carapengajarangurumasihmonoton(2)metodeyangdigunakangurukurangmemotivasisiswa(3)gurutidakmembericontohpembacaanpuisiyangtepat.Untukmeningkatkankemampuanmembacakanpuisisiswadigunakanpendekatanyangtepat.Salahsatupendekatanyangdapatdigunakanadalahpendekatanmodelling.Pendekatanmodellingadalahsuatumetodeuntukmendemonstrasikansuatuprosedurmelaluipeniruan(vokaldanpengucapangerakmimikdanirama)suatutingkahlakuhasilpengamatanterhadapseorangmodel/panutansecaralangsungkepadapesertadidik.Pelaksanaanpembelajarandilakukanmelaluitigatahapmembacayaitu(1)pramembaca(2)saatmembacadan(3)pascamembaca.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Rancanganpenelitianinimeliputiperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidananalisisdanrefleksi.LokasiyangdiambildalampenelitianiniadalahSDNSambitan02PakelTulungagung.SumberdatapenelitianiniadalahaktivitaspembelajaranmembacakanpuisidenganpendekatanmodellingdikelasV.Subjekpenelitiansebanyak13siswa.Instrumenyangdigunakanberupapedomanobservasipedomanwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanmembacakanpuisisiswameningkatsetelahdilakukantindakanpembelajarandenganpendekatanmodellingdarisiklus1sampaisiklus2.Berdasarkanhasiltespengamatanpeningkatanyangdimaksudmeliputipeningkatandariaspekintonasipengucapan/pelafalanvokaljedamimik/ekspresidangerak.Padasiklus1memperolehrata-rata652danpadasiklus2rata-ratanya806.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaketerampilanmembacasiswamelaluipendekatanmodellingdapatmeningkatkankemampuanmembacakanpuisisiswa.PertamakepadaguruagardapatmenggunakanpendekatanmodellingdalampembelajaranbahasaIndonesiakeduakepadakepalasekolahagarmendorongparaguruuntukmenggunakanpendekatanyangsesuaidalampembelajaranmembacasertamemberipembinaanbagisemuagurumengenalberbagaipendekatanpembelajarandenganbaik.