Penerapan model two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Margaretha Ohoiwutun

Main Author: Ohoiwutun, Margaretha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103322/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOhoiwutunMargaretha.2010.PenerapanModelTwoStayTwoStrayUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasIVPadaMataPelajaranPKnDiSDNMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MuchtarS.PdM.Pd(2)Dra.NurHanifahM.Pd.KataKunciModelTwoStayTwoStrayHasilBelajarPKnSekolahDasar.SekolahDasarmerupakantumpuandariprosespendidikanyangadapadajenjangberikutnya.UntukitupendidikanpadaSekolahDasarharusdilaksanakandengancarayangbenar-benarmampumenjadilandasanyangkuatkejenjangberikutnya.SekolahDasaradalahsalah-satulembagayangmendidikdanmengembangkanpotensisiswadalamrangkamencapaitujuanpendidikannasional.Tujuanpenelitianiniadalahadalah(a)mendeskripsikanpenerapanmodelTwoStayTwoStrayuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaranPendidikanKewarganegaraanpadasiswakelasIVSekolahDasarNegeriMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.(b)mendeskripsikanhasilbelajarsiswamelaluipenggunaanmodelTwoStayTwoStraydalampembelajaranPendidikanKewarganegaraanbagisiswakelasIVSekolahDasarNegeriMartopuroIIKecamatanPurrwosariKabupatenPasuruan.MasalahyangditelitiadalahtentangpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.Tujuandaripenelitianiniadalah(a)untukmendeskripsikanpenerapanmodelTwoStay.Metodepengumpulandatayangdigunakanyaitu(a)observasi(b)wawancara(c)tes.PenelitianinidilakukandiSDNMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.SubjekdaripenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNMartopuroIIyangberjumlah29siswa.RancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitianTindakanKelas(PTK).HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaantindakansiklusIrata-rataprosesbelajarsiswasecaraklasikaladalah65%dikategorikanbaikdanpadasiklusIImeningkatdari65%menjadi85%sehinggadikategorikanbaiksekali.HasilbelajarPKnsiswaSDNMartopuroIIKecamatanPurwosarijugamengalamipeningkatan.Padapelaksanaanpratindakanrat-ratakelasmencapai37siklusIrata-ratakelas64dansiklusIImeningkatmenjadi74.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraypadamatapelajaranPKndapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.DarihasilpnelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelasIVSDNMartopuroIIKecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.