Penerapan model pembelajaran debate untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok. Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran PKn / Paris Massa

Main Author: Massa, Paris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103318/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMassaParis.2010.PenerapanmodeldebatuntukmeningkatkanHasilBelajarsiswaKelasVSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruan.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AhmadSamawi.MHum.Pembimbing(II)DrsImamNawawi.M.Si.KataKunciPKnHasilBelajarModelPembelajaranDebatedanSDPelajaranPKnsebagaibagianintegralkurikulumnasionaldimanadidalamnyamempelajarimusyawaradalampengambilankeputusanbersama.DalamduniapendidikanpengambilankeputusanbersamadibutuhkanuntukmenghargaipendapatoranglainPentingpadaanaksekolahdasarHasilorentasidilapangandaninformasidariwalikelasVSDNGejugjatiIImengalamikesulitandalampengambilankeputusan.UntukmeningkatkankemampuansiswadalammengambilsebuahkeputusanyangbaikdanbenardiSDperludigunakanmodeldanteknikpembelajaranyangmenarikHasilpenelitianmenunjukanbahwaprosespenggunaanmodelpembelajarandebatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadabidangstudiPKndalampengabilankeputusansebelumpenerapanmodeldebatsiswamencapai3030%.PadakegiatanpembelajarandenganmengunakanmodeldebatsiklusIrata-ratasiswamencapai5151%danpadasiklusIImencapai9090%.ModelDebatepadamatapelajaranPKndapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNgejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruan.Namundemikiannampaknyamasihdiperlukanupaya-upayalebihlanjutdalammeningkatkanhasilbelajardisekolahtersebut.HalinidikarenakandalampenerapanDebatemembutuhkanwaktuyangtidaksedikitagarsiswadapatbelajardanberfikirdalammemecahkanmasalahdanapabilamasalahyangdikajikurangberbobotsiswacenderungbekerjaasal-asalanPenelitianinidilakukandengantujuanuntuk1.)MendeskripsikancarapenerapanmodeldebategunameningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruan2.)MendeskripsikanbahwapenerapanmodelDebatedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruanPenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdenganmodelmodelKemmisdanTaggartdalamMahanal(200520)yangterdiridariempattahap(1)perencanaantindakan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruanyangterdiridari33siswa.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanagarpenggunametodedebate)padamatapelajaranPKnperluditindaklanjutiolehguruSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruankarenamodelDebat)mampumeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.