Peningkatan hasil belajar PKn dengan model advance organizer siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Janudin Rumodar
Main Author: | Rumodar, Janudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103315/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRumodar.Janudin(2010)PeningkatkanHasilBelajarPKnDenganModelAdvanceOrganizerSiswaKelasVSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasarDanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DrsAhmadSamawiM.HumPembimbing(II)Drs.H.ImamNawawiM.Si.KataKunciPembelajaranmodelAdvanceOrganizerPendidikanKewarganegaraandiSDMasalah-masalahyangditemukandiSDNGejugjatiIIKecamatanLekokKabupatenPasuruandiatascukupkompleksyaitu1)kegiatanpembelajaranpadaumumnyadilakukandenganceramahsangatjarangdilakukandenganpraktekumataudemonstrasikarenaketerbatasansaranadanprasaranayangdimilikiolehsekolahtersebut2)kemampuansiswamasihrendah.Salahsatuindikatoryangmenunjukankemampuanberpikirmasihrendahtersebutadalahsiswajarangmenyampaikanpendapatataumengajukanpertanyaanmaupunmenjawabpertanyaangurudanmerasatakutpadasaatmaumemberikantanggapanataupendapatatasmasalahyangdiajukanolehguru.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNGejugjatiIIKecamatanlekokKabupatenPasuruanpadapokokbahasanmenghargaikeputusanbersama.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdilakukanatasdasardatayangdiperolehdilapangan.RancanganyangdilakukanadalahPTKdenganduasiklus.Masing-masingsiklusterdiriatas(a)perencanaan(b)pelaksanaan(c)observasidan(d)refleksi.Instrumenyangdigunakanadalah(a)pedomanobservasi(b)testertulisdan(c)pedomanwawancara.HasilpenelitianinimenunjukanbahwapelaksanaandenganmodeladvanceorganizerdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNGejugjatiIIkecamatanLekokKabupatenPasuruanmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar5393atau55%padasiklusIsedangkanpadasiklusIIsebesar7878atau90%setelahdigunakanmodelpembelajaranAdvanceOrganizer.kesimpulandaripenelitianiniadalahpelaksanaanpembelajaranPKndenganmodeladvanceorganizerdikelasVSDNGejugjatiIIadalahpelaksanaanyangdilakukansecaraberkelompokdansesuaidenganlangkah-langkahyangadadalammodelyangdipakaiyaitu(a)penyajianadvanceorganizer(b)memancingdanmendorongpengetahuansiswafasiinidilaksanakandalambentukkelompokdan(c)diferensiasiprogesifdalamfaseinimengarahkanmasalahpokokmenjadibagian-bagianyanglebihrincidankhusus.