Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Windarti

Main Author: Windarti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103311/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWindarti2010.PenerapanModelPembelajaranGuidedNoteTakingpadaMataPelajaranIPSuntukMeningkatkanKualitasProsesdanHasilBelajarSiswaKelasIVSDNRanduagung01KecamatanSingosariKabupatenMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS1PGSDUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.SadunAkbarM.Pd(II)Drs.TohaMashudiS.PdM.Pd.KataKunciModelPembelajaranGuidedNoteTakingKualitasProsesHasilBelajarIPSSDPengamatanyangtelahdilaksanakandiSDNRanduagung01KecamatanSingosariKabupatenMalangdapatdiketahuibeberapapermasalahanyangtimbulpadamatapelajaranIPS.Adapunrinciandaripermasalahanyangtimbulantaralain(1)nilairata-ratasiswaberdasarkanulanganhariandanformatifmencapai5300denganprosentaseketuntasanbelajar33%.Nilairata-ratatersebutmasihdibawahStandarKetuntasanMinimal(SKM)yangditentukanolehsekolahtersebutyaitu7000denganprosentaseketuntasanbelajar80%(2)gurudidugabelummenggunakanmodelpembelajarandalamprosespembelajaran(3)siswacenderungramaidanjenuhdalammengikutiprosespembelajaran.AdapunpenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankompetensiyangdimilikisiswadenganjalanmeningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking.HasilpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelKemmisTaggartyangterdiridari3siklusdan4tahapanyaitutahapperencanaantahappelaksanaantindakantahapobservasidantahaprefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNRanduagung01KecamatanSingosariKabupatenMalangyangterdiridari30siswadenganrincian12siswalaki-lakidan18siswaperempuan.Penelitianinimenunjukkanadanyapeningkatankualitasprosesdanhasilbelajarsiswa.IndikasiadanyadampakyangbaikterhadapkualitasprosespembelajaranadalahdenganlebihbaiknyagurudalammengajaryaitugurudapatmembuatRPPdenganmodelpembelajaranGuidedNoteTakingdanmenerapkannyadalamprosespembelajaran.Haltersebutberdampakterhadapmeningkatnyakualitasprosesbelajarsiswayangsemulasiswacenderungramaidanjenuhdalammengikutiprosespembelajaransiswamenjadilebihberkonsentrasisaatgurumenerangkanberanimengutarakanpendapatberanimenjawabpertanyaangurudandapatbekerjasamadengantemannyasaatprosespembelajaranberlangsung.Sedangkanuntukdampakterhadappeningkatanhasilbelajarsiswaadalahdenganadanyakenaikanrata-ratanilaidarinilaisiswayangsemulamencapairata-rata5300(sebelumditerapkanmodelpembelajaranGuidedNoteTaking)meningkatmenjadi6300padasiklusImeningkatmenjadi6711padasiklusIIdanmeningkatmenjadi7234padasiklusIII.SelainitudampaktersebutjugadapatdilihatdariprosentaseketuntasanbelajarsiswayaitupadasiklusImencapai73%meningkatpadasiklusIImenjadi83%danmeningkatlagipadasiklusIIImenjadi90%.