Penggunaan media benda konkret bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Rejoso Lor II Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Sumarni

Main Author: Sumarni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103287/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSumarni.2010.PenggunaanMediaBendaKonkretBangunRuangUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasIVSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoKabupatenPasuuan.SkripsiJurusanS1PendidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Wiwik.DHM.PdPembimbing(II)DrsGoenawanRM.PdKataKunciPemanfaatanMediaBendaKonkretBangunRuangHasilBelajarMataPelajaranMatematikaSekolahDasarProsespembelajaranMatematikadiSekolahDasarkhususnyadiSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoKabupatenPasuruanmasihdidominasidenganpembelajarankonvesionalgurumenerapkanmetodeceramahdantanyajawabtanpamenggunakanalatperagasehinggasiswakurangaktifdalammengikutiprosespembelajaran.Ketidakaktifansiswaakanmempengaruhipemahamanterhadapmateriyangdiberikandanberakibatpadahasilbelajaryangkurangoptimal.Haliniterbuktidenganhasilbelajardenganrata-rata58padaakhirsemesterII.Untukitupenelitiperlumelakukanperbaikandenganmenggunakanmediabendakonkretbangunruang.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanpemanfaatanmediabendakonkretbangunruangdalammeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasIVSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.2)mendeskripsikanhasilbelajarmatematikakonsepbangunruangdenganmenggunakanmediabendakonkretbangunruangpadasiswaIVSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.3)mendeskripsikanhasilbelajarmatematikadenganmenggunakanmediabendakonkretbangunruangsiswakelassiswaIVSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoPasuruan.Rancangandalampenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas.InstrumenpengumpuldataberupatesyaituevaluasisiklusIdanevaluasisiklusII.Untukmenganalisadatahasilulangantersebutdigunakanpenilaianacuankriteria.Penilaianacuankriteriayangdigunakanadalahketuntasanbelajarperorangan(75%)danketuntasankelasataukelompok(80%).SubyekpenelitianinisiswakelasIVSDNRejosoLorIIKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.HasilpenelitianiniadalahpeningkatanhasilpembelajaranMatematikapadasiklusIketuntasanbelajarindividumencapai56%yangberartimeningkatsebesar385%darisebelumpemanfaatanmediabendankonkretbangunruangmelaluipretespadatindakanawalyangmencapai266%.SelanjutnyapadasiklusIIketuntasanindividumeningkatmenjadi833%dandinyatakanberhasiltuntas.Kesimpulandaripenelitianiniadalahmediabendakonkretbangunruangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikadandisarankankepadaguruhendaknyamemanfaatkanmediabendakonkretbangunruangdalammatapelajaranmateribangunruangkubusdanbalok.Mediabendakonkretbangunruangmudahdigunakansehinggasiswamudahmemahamimateridantujuanpembelajaranakantercapaisecaraoptimal.Bagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnya.