Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Curah Dukuh II Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Luluk Winarti
Main Author: | Winarti, Luluk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103285/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSWinartiLuluk.2010.PemanfaatanMediaGambaruntukMeningkatkanHasilBelajarIPSMateriTokohPejuangProklamasiKemerdekaanSiswaKelasVSDNCurahDukuhIIKecamatanKratonKabupatenPasuruanSkripsiJurusanS1PendidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1).Drs.UsepKustiawanM.Sn.(2).Dra.SriSugihartiM.Pd.KataKunciMediaGambarPeningkatanHasilBelajarIPSSDDalampembelajaranIPSdiSekolahDasaradabeberapahalyangperludiperhatikansalahsatunyaadalahpenggunaanmedia.Ketuntasansuatupembelajarandapatdilihatdaritercapainyatujuanyangdiharapkandenganmenggunakanacuantertentusebagaidasar.Dalampenelitianinikeberhasilandanketuntasandidasarkanpadapenilaianacuankriteriayaitusiswadikatakantuntasbelajar(berhasil)jikatelahmencapaiskorpenguasaanminimal70%.Sedangkankelompokataukelasdikatakantuntasbelajar(berhasil)jikaminimaldari80%darijumlahkelompokataukelasmencapaiketuntasanperseorangan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanhasilbelajarILmuPengetahuanSosialmateriTokoh-tokohperjuangandisekitarproklamasikemerdekaansiswakelasVSDNCurahDukuhIIKecamatanKratonKabupatenPasuruansebelummenggunakanmediagambar(2)MendeskripsikanhasilbelajarILmupengetahuanSosialmateriTokoh-tokohperjuangandisekitarproklamasikemerdekaansiswakelasVSDNCurahDukuhIIKecamatanKratonKabupatenPasuruansesudahmenggunakanmediagambar.(3)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIlmuPengetahuanSosialmateriTokoh-tokohperjuangandisekitarproklamasikemerdekaansiswakelasVSDNCurahDukuhIIKecamatanKratonKabupatenPasuruandenganmemanfaatkanmediagambar4)MendeskripsikanpemanfaatanmediagambardalammeningkatkanAktivitasbelajarIlmuPengetahuanSosialmateriTokoh-tokohperjuangandisekitarproklamasikemerdekaansiswakelasVSDNCurahDukuhIIKecamatanKratonKabupatenPasuruanPenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas(PTK)(KemmisTaggart)dengan2siklusdan4kalipertemuan.Dalampelaksanaannyapembelajaraninidibagimenjadibeberapatahapyaitu(1)tindakanawalyaitudenganmemberikanpretessebagaitesawalyangbertujuanuntukmengetahuidatanilaisiswayangmengalamikesulitanbelajar(2)sikluspertama(tindakanI)yaitumelaksanakanpembelajarandenganpemanfaatanmediagambardansikluskedua(TindakanII)yaitumelaksanakanpembelajarandenganmemanfaatkanmediagambaryangdisempurnakandarikekuranganyangdialamipadasiklusIatauhasilrefleksidarisiklusI.HasilpenelitianiniadalahpadasiklusIketuntasanbelajarindividumencapai725%yangberartimeningkatsebesar35%darisebelumpemanfaatanmediagambarmelaluipretespadatindakanawalyangmencapai375%.SelanjutnyapadasiklusIIketuntasanindividumeningkatmenjadi85%dandinyatakanberhasiltuntas.Dengandemikiaandisimpulkanbahwapemanfaatanmediagambardapatmeningkatkanhasilbelajar.DisarankankepadaguruhendaknyamemanfaatkanmediagambarkhususnyadalampembelajaranIPS.Karenamudahdilaksanakandandapatmenarikminatsiswadalambelajarsehinggamerekamudahmemahamimaterisehinggatujuanpembelajaranakantercapaisecaraoptimal.Bagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnyasehinggahasilnyadapatdijadikanpedomandanpengembanganprofesidanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.