Penerapan pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tutur 1 Pasuruan / Ponidi

Main Author: Ponidi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103279/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPonidi2010.PenerapanPembelajaranInquiryUntukmeningkatkanHasilBelajarIPASiswaKelasVSDNTuturIPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasarDanPraSekolahUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DrsTomasIriyantoM.Pd(II)Drs.H.SutrisnoS.PdM.PdKataKunciPenerapanpembelajaraninquiry.Salahsatuupayayangdilakukanuntukmeningkatkankualitaspembelajaranadalahpemilihanpendekatandanmodelpembelajaranyangtepat.Hasilbelajarsiswamerupakansalahsatualatyangdipakaiuntukmengetahuikeberhasilansuatupembelajaran.HasilbelajarsiswayangdinilaibelummencapaiSKMyangditetapkanyaitu70melataridiadakanyapenelitianini.Berdasarkanuraiandiatasmakadiperlukansuatumodelpembelajaranyangtidakhanyadapatmengatasikepasifansiswatetapijugadapatmenumbuhkembangkanstukturkognitifafektifdanpsikomotorsiswasecaraoptimal.Pendekatandanmodelpembelajaranyangdirasacukupsesuaiadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaraninquiry.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatkanhasilbelajarIPAsertapeningkatankeaktifanbelajarsiswakelasVSDNTuturIPasuruansetelahditerapkanpembelajaranInquiry.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.Upayaperbaikanyangdilakukandenganmelaksanakantindakanyangberupapenerapanpembelajaraninquiryyangdimaksudkanuntukmencarijawabanataspermasalahanyangdiangkatdarikegiatantugasgurusehari-haridimanadalampenelitianiniadalahhasilbelajarIPAyangdinilairendah.PenelitianTindakanKelasinidilaksanakansecarabersiklusdimanasetiapsiklusterdiridariperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Kemudianhasilrefleksitersebutdijadikandasaruntukperbaikanprosespembelajaranpadasiklusberikutnya.Penelitianinidirancangdalam2siklusdimanasetiapsiklusterdiridari2kalipertemuanpertemuanpertamamembahasmateriTuaspertemuankeduamateriyangdibahasadalahBidangMiring.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranmodelInquirydapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidapatdilihatdaridatayangdiperolehbahwanilairata-ratapretespadasiklusIsebesar634meningkatmenjadi738padaposttespadasiklusIIdalampelaksanaanposttesmeningkatmenjadi788.SedangkanpeningkatanaspekPsikomotorikpadapercobaanuntukmateriTuaspadasiklusIpersentaseketercapaianrata-rata662padasiklusImeningkatmenjadi765padasiklusIIuntukmateribidangmiringpersentaseketercapaianrata-rata741padasiklusImeningkatmenjadi796padasiklusII.BerdasarkanpenelitianinidapatdisarankanuntukmenggunakanpembelajaranInquirysebagaialternatifmodelpembelajarandalamrangkameningkatkanhasilbelajarsiswakelasVuntukmatapelajaranIPAsertadilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangsamapadamateriyangberbedadanmengamatiaspekyangberbedapula.