Peningkatan keterampilan menyimak melalui model inside-outside circle pada siswa kelas IIB SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Elisabeth Kilmas
Main Author: | Kilmas, Elisabeth |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103270/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKilmasElisabeth.2010.PeningkatanKeterampilanMenyimakMelaluiModelInside-outsideCirclePadaSiswaKelasIIBSDNRembang.SkripsiProgramStudiS1PGSDJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.KataKunciInside-OutsideCicrleKeterampilanMenyimakSekolahDasar.PembelajaranBahasaIndonesiadiSekolahDasarmenganutpendekatankomunikatif.ArtinyadalamimplementasinyapembelajaranBahasaIndonesiaharuslebihmenekankanpadaaspekkomunikatifdandapatfungsional.Keterampilanmenyimakmerupakansalahsatuketerampilanberbahasayangfungsionalkarenadigunakandalamkehidupansehari-hari.MasalahyangseringdihadapigurudalamprosespembelajaranBahasaIndonesiaadalahsiswakurangfokusuntukmenyimakapayangdisajikanolehguru.Akibatkurangfokusnyasiswamenyimakmakapelajaranyangdiberikantidakdapatdipahamidenganbaik.Tujuandaripenelitianiniantaralainyaitumendeskripsikan(a)penggunaanmodelInside-outsideCircleuntukmeningkatkanketerampilanmenyimaksiswa(b)aktivitassiswadalampembelajarandenganmenggunakanmodelInside-outsideCicrle(c)peningkatanketerampilanmenyimaksiswadenganmenggunakanmodelInside-outsideCicrle.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangmeliputiduasiklus(siklusIdansiklusII).Tahapansiklusmempunyaialur(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIIBSDNRembangyangberjumlah25orang.FokuspenelitianadalahpeningkatanketerampilanmenyimakdanaktivitassiswaselamapembelajarandenganmenggunakanmodelInside-outsideCicrle.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputiobservasi(pengamatan)wawancaracatatanlapangandandokumentasi.Instrumenpenelitianberupalembarpengamatanketerampilanmenyimaksiswalembarpengamatanaktivitassiswadanlembarpengamatanaktivitasguru.Analisisdatadilakukansecarakualitatif.Siklustindakanpembelajarandihentikanjikaseluruhprosedurtelahterlaksana.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatan.MelaluimodelInside-outsideCicrleketerampilanmenyimaksiswakelasIIBSDNRembangmeningkatdaritahappratindakanyangmenunjukkanpersentaseketerampilanmenyimakyangteraktualisasikanrata-rata269%menjadi867%padasiklusI(meningkat598%).SelanjutnyapadasiklusIImengalamipengingkatan58%menjadi925%.AktivitassiswaselamapembelajarandenganmenggunakanmodelInside-outsideCicrlepadasiklusImencapai711%danmeningkatpadasiklusIIsebesar6.6%menjadi77.7%.Nilaihasilbelajarsiswapadapratindakanmenunjukkanpersentaserata-ratasebesar606%dengan12siswa(48%)mendapatkannilaidibawahrata-ratadan13siswa(52%)mendapatkannilaidiatasrata-rata.PadasiklusIterjadipeningkatansebesar128%menjadi734%dengan2siswa(8%)mendapatkannilaidibawahstandardan23siswa(92%)mendapatkannilaidiatasstandar.PadasiklusIIpersentaserata-ratahasilbelajarsiswamengalamipeningkatan146%menjadi88%denganketuntasanbelajarklasikal.KemampuangurudalammerancangRPPpadasiklusImendapatkanskor941danmeningkatpadasiklusIImenjadi955dengankualifikasiSangatBaik.KemampuangurudalampelaksanaanpembelajaranpadasiklusImendapatkanskor909danmeningkatpadasiklusIImenjadi931dengankualifikasiSangatBaik.Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinibeberapasarandiperkirakandapatmeningkatkanpersentasedankualitasmodelpembelajaranyangditeliti.Saranyangdiajukantersebutadalah(1)bagiguruagardapatmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidengankarakteristiksiswadanmampumengembangkanpengetahuansikapdanketerampilansiswa(2)bagikepalasekolahagarhasilpenelitianinidapatmenjadibahanmasukandanpertimbanganuntukmemberikansupervisidanbimbinganbagiguruberkaitandenganpelaksanaanpembelajaran(3)bagipenelitilainagardapatmelakukanpenelitianlebihlanjutterkaitdenganmodelpembelajaraninidenganmodifikasidanpengembanganyanglebihbaikterutamauntukmengatasisiswadengancarabelajaryangberbeda-beda.