Pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas III SDN Sukorejo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Setyowati
Main Author: | Setyowati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103269/ |
Daftar Isi:
- DalampembelajaranSainsdiSekolahDasaradabeberapahalyangperludiperhatikansalahsatunyaadalahpenggunaanpendekatan.Ketuntasansuatupembelajarandapatdilihatdaritercapainyatujuanyangdiharapkandenganmenggunakanacuantertentusebagaidasar.Dalampenelitianinikeberhasilandanketuntasandidasarkanpadapenilaianacuankriteriayaitusiswadikatakantuntasbelajar(berhasil)jikatelahmencapaiskorpenguasaanminimal70%.Sedangkankelompokataukelasdikatakantuntasbelajar(berhasil)jikaminimaldari80%darijumlahkelompokataukelasmencapaiketuntasanperseorangan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpendekatanSainsTeknologiMasyarakat(STM)dalammeningkatkanhasilbelajarsainssiswakelasIIISDNSukorejoKecamatanPohjentrekKabupatenPasuruan.(2)MendeskripsikanpeningkatankeaktifansiswakelasIIISDNSukorejoKecamatanPohjentrekKabupatenPasuruanmelaluipendekatanSainsTeknologiMasyarakat(STM)dan(3)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIIISDNSukorejoKecamatanPohjentrekKabupatenPasuruanmelaluipendekatanSainsTeknologiMasyarakat(STM)Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelas(PTK)dengan2siklusdan4kalipertemuan.Dalampelaksanaannyapembelajaraninidibagimenjadibeberapatahapyaitu(1)pratindakanyaitudenganmemberikanpretessebagaipratindakanyangbertujuanuntukmengetahuidatanilaisiswayangmengalamikesulitanbelajar(2)siklussatu(tindakanI)yaitumelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanSTMdansikluskedua(TindakanII)yaitumelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanPendekatanSainsTeknologiMasyarakat(STM)yangdisempurnakandarikekuranganyangdialamipadasiklusIatauhasilrefleksidarisiklusIHasilpenelitianiniadalahpadasiklusIketuntasanbelajarindividumencapai733%yangberartimeningkatsebesar175%darisebelumpenerapanSTMmelaluipretespadapratindakanyangmencapai566%.SelanjutnyapadasiklusIIketuntasanindividumeningkatmenjadi766%dandinyatakanberhasiltuntas.DengandemikiandisarankankepadaguruhendaknyamenerapkanpendekatanSTMkhususnyadalammatapelajaranSains.Karenamenarikminatsiswadalambelajarsehinggamudahmemahamimateridantujuanpembelajaranakantercapaisecaraoptimal.Bagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikanbahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnyasehinggahasilnyadapatdijadikanpedomandanpengembanganprofesidanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.