Peningkatan pemahaman nilai moral melalui pembelajaran PKn berbasis value clarification technique (VCT) pada siswa kelas IV SDN Beji II Pasuruan / Murni Amir Bugis

Main Author: Bugis, Murni Amir
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103265/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBugisAmirMurni.2010.PeningkatanPemahamanNilaiMoralMelaluiPembelajaranPKnBerbasisValueClarifictionTechnique(VCT)PadaSiswaKelasIVSDNBejiIIKecamatanBejiKabupatenPasuruanSkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanParSekolah.ProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MuchtarS.PdM.Si(II)Dra.SriSugihartiS.PdM.PdKatakunciNilaiMoralVCTPembelajaranPKnSD.Nilaimoraltidakcukuphanyadihafalataudiajarakanakantetapiperludikembangkandalamprogrampendidikansehinggasecaraefektifdapatmenyentuhperkembangkanafektif.VCTadalahsalahsatustrategipembelajaranafektifberbedadenganstrategipembelajarankognitifdanketrampilan(psikomotor).Afektifberhubungandengannilai(value)yangsulitdiukurolehkarenaituberkaitaneratdengankesadaranseseorangyangtumbuhdaridalamdirinya.DalampembelajaranPKndikenalstrategipembelajaranafektifmodelvalueclarifictiontechnique(VCT)yaitusuatuteknikbelajarmengajaryangmembinasikapnilaimoral(aspekafektif).PembelajaranPKnmerupakanmatapelajaranyanglebihidentikdenganpembentukansikapdannilaimoral.Tidaksemuamodelpembelajarandapatditerapkandalampembentukansikapdannilaimoral.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakandalampembentukansikapnilaimoralvalueclarifictiontechnique(VCT)yaituteknikmengklasifikasikannilai(TMN).VCTmerupakansuatumodelpedekatansaranabelajarmengajarkhususuntukpendidikannilaidanmoralataupendidikanafektif.Sekolahdasarsebagaisalahsatulembagapendidikandasarmemilikifungsisangatfundamentaldalammenyiapkansumberdayamanusiayangberkualitas.Dikatakandemikiankarenasekolahdasarmerupakandasar/fondasidariprosespendidikanyangadapadajenjangberikutnyasehinggapendidikansekolahdasarhendaknyadilakukandengancarayangbenar-benarmampumenjadilandasanyangkuatuntukjenjangpendidikanberikutnya.Penilitianinibertujuan(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranberbasisVCTdenganpermainankotakajibdalampelajaranPKndapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswakelasIVSDNBejiIIKec.BejiKabpasuruan(2)untukmengetahuipeningkatanpemahannilaimoralsiswakelasIVSDNBejiIIKecBejiKabPasuruandenganpenerapanmodelpembelajaranberbasisVCTdenganpermainankotakajaibdalampelajaranPKn.Penelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Instrumentyangdigunakanadalah(a)observasi(b)tes(c)pedomanwawancara.HasilpenelitianinimenujukanbahwapelaksnanaanpembelajaranberbasisValueclarifictiontechnique(VCT)dapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswayaitudarirata-rataskor44dengandayaserapklasikal10%padapratindakandansetelahdiadakansiklus1rata-ratameningkatmenjadi54dandengandayaserapklasikal43%.Jumlahtersebutmengalamipeningkatanlagidarisiklus2yaiturata-rata72dandengandayaserapklasikal83%.Kesimpulan(1)pengunaanmodelpembelajaranVCTdapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswapadamatapelajaranPKnkelasIVSDNBejiIIpasuruan(2)peningkatanpemahamannilaimoralpadapembelajaranPKndiperolehdaripenilaianprosespembelajarandanhasiltesevaluasi(3)penerapanmodelpembelajaranVCTsangatberdampakpositifdalampembelajaranPKnkhusunyapadamateripokokglobalisasidimanadilihatdarihasilbelajarsiswapadasiklus1sampaidengansiklus2dimanapadasiklus1nilairata-ratasiswa54yangdikataknberhasilmeningkatmenjadi72yangsudahberhasil.JadisecarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwapembelajaranPKndenganmenggunakanmodelVCTdikatakansudahberhasil.