Penggunaan media papan magnetik untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pungging, Pasuruan / Lilik Churiyati
Main Author: | Churiyati, Lilik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103261/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChuriyatiLilik.2010.PenggunaanMediaPapanMagnetikuntukMeningkatkanPenguasaanPenjumlahandanPenguranganBilanganBulatSiswaKelasIVSDNPunggingTuturPasuruan.SkripsijurusanKSDPFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegerimalang.Pembimbing(1)Drs.H.SutrisnoS.Pd.M.Pd.(II)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd.Katakuncipenjumlahandanpenguranganpapanmagnetikpenguasaansiswabilanganbulat.PenelitianiniberlatarbelakangadanyakualitaspraktikpembelajarandikelasIVSDNPunggingyangrelatifrendah.Kurangaktifnyasiswadalamprosespembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdisebabkangurukurangkreatifdalampenggunaanmediapembelajaranpadapenanamanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Keaktifansiswadalambelajarmasihrendahsiswa-siswakurangkreatifkurangmenyenangkandanpemahamanterhadappenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatjugarelaitfrendah.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapapanmagnetikyangdapatmeningkatkanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpadasiswakelasIVSDNPunggingKecamatanTuturKabupatenPasuruan.(2)MendeskripsikanpeningkatanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpadasiswakelasIVSDNPunggingKecamatanTuturKabupatenPasuruansetelahditerapkanmediapapanmagnetik.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinidilakukandenganrancanganpenelitiankelas(PTK)yangdilakukanmelalui4tahapmulaidaritahapprosesidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Tehnikpengambilandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradokumentasidantes.Analisisdataketuntasanindividumencapaiskor65%ataunilai65dankelasdisebuttuntasbelajarbiladikelastersebutterdapat85%yangtelahmencapaidayaseraplebihdariatausamadengan85.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarmatematikasetelahmendapatpembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdenganmenggunakanmediapapanmagnetik.Peningkataninidilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajaryangditunjukkanolehskorhasiltes.PertemuanpadasiklusInilairata-rata661denganprosentase6111%dannilairata-ratapadasiklusIIyaitu811denganprosentase8888%.peningkatannilaiyangdiperolehsiswasecaraklasikalmenunjukkanadanyapeningkatanketuntasanminimalbelajarsesuaidenganapayangdiharapkanyaitu85%.Berdasarkanhasilpenelitianinipembelajarandenganmenggunakanmediapapanmagnetikdapatdipertimbangkansebagaialternatifmediapembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hasilketuntasanbelajarsiswamencapai888%diatasketentuanyangditetapkanyaitu85%.HasilpenelitianinisangatdimungkinkandapatditerapkandikelasIVsekolahlainjikakondisinyarelatifsamaataumiripdengansekolahyangmenjadilatarpenelitianini.