Penggunaan media papan magnetik untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pungging, Pasuruan / Lilik Churiyati

Main Author: Churiyati, Lilik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103261/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKChuriyatiLilik.2010.PenggunaanMediaPapanMagnetikuntukMeningkatkanPenguasaanPenjumlahandanPenguranganBilanganBulatSiswaKelasIVSDNPunggingTuturPasuruan.SkripsijurusanKSDPFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegerimalang.Pembimbing(1)Drs.H.SutrisnoS.Pd.M.Pd.(II)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd.Katakuncipenjumlahandanpenguranganpapanmagnetikpenguasaansiswabilanganbulat.PenelitianiniberlatarbelakangadanyakualitaspraktikpembelajarandikelasIVSDNPunggingyangrelatifrendah.Kurangaktifnyasiswadalamprosespembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdisebabkangurukurangkreatifdalampenggunaanmediapembelajaranpadapenanamanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Keaktifansiswadalambelajarmasihrendahsiswa-siswakurangkreatifkurangmenyenangkandanpemahamanterhadappenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatjugarelaitfrendah.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapapanmagnetikyangdapatmeningkatkanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpadasiswakelasIVSDNPunggingKecamatanTuturKabupatenPasuruan.(2)MendeskripsikanpeningkatanpenguasaanpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpadasiswakelasIVSDNPunggingKecamatanTuturKabupatenPasuruansetelahditerapkanmediapapanmagnetik.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinidilakukandenganrancanganpenelitiankelas(PTK)yangdilakukanmelalui4tahapmulaidaritahapprosesidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Tehnikpengambilandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradokumentasidantes.Analisisdataketuntasanindividumencapaiskor65%ataunilai65dankelasdisebuttuntasbelajarbiladikelastersebutterdapat85%yangtelahmencapaidayaseraplebihdariatausamadengan85.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarmatematikasetelahmendapatpembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulatdenganmenggunakanmediapapanmagnetik.Peningkataninidilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajaryangditunjukkanolehskorhasiltes.PertemuanpadasiklusInilairata-rata661denganprosentase6111%dannilairata-ratapadasiklusIIyaitu811denganprosentase8888%.peningkatannilaiyangdiperolehsiswasecaraklasikalmenunjukkanadanyapeningkatanketuntasanminimalbelajarsesuaidenganapayangdiharapkanyaitu85%.Berdasarkanhasilpenelitianinipembelajarandenganmenggunakanmediapapanmagnetikdapatdipertimbangkansebagaialternatifmediapembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hasilketuntasanbelajarsiswamencapai888%diatasketentuanyangditetapkanyaitu85%.HasilpenelitianinisangatdimungkinkandapatditerapkandikelasIVsekolahlainjikakondisinyarelatifsamaataumiripdengansekolahyangmenjadilatarpenelitianini.