Using semantic mapping as a tool to improve vocabulary mastery of the seventh graders at SMPN 15 Malang / Siti Idawati
Main Author: | Idawati, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10326/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIdawatiSiti.2016.UsingSemanticMappingasaTooltoImproveVocabularyMasteryofSeventhGradersatSMPN15Malang.ThesisEnglishDepartmentFacultyofLettersStateUniversityofMalang.Advisors(1)Dr.EnnyIrawatiM.Pd(2)Dr.E.D.LaksmiM.PdM.AKataKuncipenguasaankosakataketerlibatansiswasemanticmapping.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmembantugurumengatasimasalahdidalamkelas.Penelitimenemukanbahwasiswakelas7ApadaSMPN15MalangmemilikimasalahdalammenerjamahkandanmenulisejaankosakatabahasaInggris.Hanyaada6dari32siswayakni1875%darisiswamampumendapatkannilaidiatas75.Olehkarenaitupenelitimerencanakanstrategipetasemantikuntukmengatasimasalahtersebut.Penelitianinidilaksanakandalamempatpertemuan.Subjekpadapenelitianiniadalahkelas7Ayangterdiridari32siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatadalampenelitianyaituteshasilpembelajaranlembarobservasicatatanlapangandankuisioner.Strategipetasemantikdikatakanberhasiljika80%siswamampumendapatkannilaidiatas75dan75%siswaterlibatdalampembelajaran.Penelitimenerapkanpetasemantikmemfokuskanpadaartidanpengejaanya.Penelitianinifokuspadakatabendadikarenakanmateripelajaranadalahbenda-bendadisekitarsiswa.Siswadimintauntukmenuliskata-katabendayangbersangkutantentangsebuahtemamisalnyamenulistentangbenda-bendadidalamkelashalamansekolahdanrumah.Hasildaripenelitianmenunjukkanhanya3dari32siswayangmendapatkannilaidibawah75artinya9062%siswamengalamipeningkatanyangsignifikanpadapenguasaankosakatabahasaInggrisnya.Selainituketerlibatansiswadalamkegiatanpembelajaranmengalamipeningkatansetiappertemuan.Lebihdari80%siswaterlibatpadapertemuanke-3danke-4.Penerapanpetasemantikstrategiterdiridaribeberapatahap.Pertamayangharusdilakukanadalahmembagisiswakedalambeberapakelompok.Kemudiansiswadimintauntukmengamatimediayangtelahdisediakanolehguru.Setelahitusiswadimintauntukmengisilembarkerjayangtelahdibagikanolehguru.Kemudiansiswadimotivasiuntukmengajukanpertanyaan.Selanjutnyasiswadimintauntukmembuatpetasemantiksesuaimateripembelajaran.Setelahitusiswadimintauntukmengisikalimatrumpang.Pembelajarandiakhiridenganmenyimpulkanmateripembelajaran.PenelitimenyarankangurubahasaInggrisuntukmenerapkanpetasemantiksebagaisalahsatualternatfstrategiuntukmembantusiswameningkatkanpenguasaankosakata.SelanjutnyapenelitimenyarankankepalasekolahuntukmenyediakanLCDproyektoruntukmembantugurudalammenerapkanstrategi.Penelitijugamenyarankankepadapenelitiyangakandatanguntukmenggunakanpenelitianinisebagaibahanpustaka.Selainituuntukparapenelitiyanglebihluasdisarankanuntukmenggunakanpetasemantikdalammeningkatkanpenguasaankosakatadalamsegipelafalanpenggunaandankonotasidenotasinya.