Using semantic mapping as a tool to improve vocabulary mastery of the seventh graders at SMPN 15 Malang / Siti Idawati

Main Author: Idawati, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10326/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIdawatiSiti.2016.UsingSemanticMappingasaTooltoImproveVocabularyMasteryofSeventhGradersatSMPN15Malang.ThesisEnglishDepartmentFacultyofLettersStateUniversityofMalang.Advisors(1)Dr.EnnyIrawatiM.Pd(2)Dr.E.D.LaksmiM.PdM.AKataKuncipenguasaankosakataketerlibatansiswasemanticmapping.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmembantugurumengatasimasalahdidalamkelas.Penelitimenemukanbahwasiswakelas7ApadaSMPN15MalangmemilikimasalahdalammenerjamahkandanmenulisejaankosakatabahasaInggris.Hanyaada6dari32siswayakni1875%darisiswamampumendapatkannilaidiatas75.Olehkarenaitupenelitimerencanakanstrategipetasemantikuntukmengatasimasalahtersebut.Penelitianinidilaksanakandalamempatpertemuan.Subjekpadapenelitianiniadalahkelas7Ayangterdiridari32siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatadalampenelitianyaituteshasilpembelajaranlembarobservasicatatanlapangandankuisioner.Strategipetasemantikdikatakanberhasiljika80%siswamampumendapatkannilaidiatas75dan75%siswaterlibatdalampembelajaran.Penelitimenerapkanpetasemantikmemfokuskanpadaartidanpengejaanya.Penelitianinifokuspadakatabendadikarenakanmateripelajaranadalahbenda-bendadisekitarsiswa.Siswadimintauntukmenuliskata-katabendayangbersangkutantentangsebuahtemamisalnyamenulistentangbenda-bendadidalamkelashalamansekolahdanrumah.Hasildaripenelitianmenunjukkanhanya3dari32siswayangmendapatkannilaidibawah75artinya9062%siswamengalamipeningkatanyangsignifikanpadapenguasaankosakatabahasaInggrisnya.Selainituketerlibatansiswadalamkegiatanpembelajaranmengalamipeningkatansetiappertemuan.Lebihdari80%siswaterlibatpadapertemuanke-3danke-4.Penerapanpetasemantikstrategiterdiridaribeberapatahap.Pertamayangharusdilakukanadalahmembagisiswakedalambeberapakelompok.Kemudiansiswadimintauntukmengamatimediayangtelahdisediakanolehguru.Setelahitusiswadimintauntukmengisilembarkerjayangtelahdibagikanolehguru.Kemudiansiswadimotivasiuntukmengajukanpertanyaan.Selanjutnyasiswadimintauntukmembuatpetasemantiksesuaimateripembelajaran.Setelahitusiswadimintauntukmengisikalimatrumpang.Pembelajarandiakhiridenganmenyimpulkanmateripembelajaran.PenelitimenyarankangurubahasaInggrisuntukmenerapkanpetasemantiksebagaisalahsatualternatfstrategiuntukmembantusiswameningkatkanpenguasaankosakata.SelanjutnyapenelitimenyarankankepalasekolahuntukmenyediakanLCDproyektoruntukmembantugurudalammenerapkanstrategi.Penelitijugamenyarankankepadapenelitiyangakandatanguntukmenggunakanpenelitianinisebagaibahanpustaka.Selainituuntukparapenelitiyanglebihluasdisarankanuntukmenggunakanpetasemantikdalammeningkatkanpenguasaankosakatadalamsegipelafalanpenggunaandankonotasidenotasinya.