Penggunaan model bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Malang / Devita Elviana
Main Author: | Elviana, Devita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103230/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKElvianaDevita.2010.PenggunaanModelBangunDatarUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaPokokBahasanBangunDatarSiswakelasIISDNPurwantoro2Malang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.BambangSoerjonoM.Ed(2)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakuncimodelbangundatarhasilbelajarmatematikaGurumemilikiperananyangbesardalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswadisekolah.BerdasarkanhasilobservasidiSDNPurwantoro2MalangkhususnyasiswakelasIIpembelajaranmatematikamateribangundatarmasihdisampaikandenganmetodeceramah.Selainitusiswajugakurangtertarikdanberminatterhadappembelajaranmatematika.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenguasaankonsepbangundatarkelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalangsebelumditerapkannyapenggunaanmediapembelajaranmodelbangundatar(2)mendeskripsikanpenguasaankonsepbangundatarkelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalangsetelahditerapkannyapenggunaanmediapembelajaranmodelbangundatar(3)UntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarmatematikadalampokokbahasanbangundatarsiswakelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalang.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas(PTK)denganmelakukan2sikluspembelajaran.SelainitupenelitianinijugamerupakankolaborasiantaragurukelasIIdenganpeneliti.Setiapsikluspembelajaranmelaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SiklusIImerupakanpembelajaranperbaikandarisiklusI.Sedangkananalisisdatadilakukandengancaradeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelbangundatarternyatamampumeningkatkanpemahamankonsep.Terbuktidariskoryangmeningkatdarirata-ratasebelumnyaadalah5275padasiklusImeningkatmenjadi7938padasiklusIIdenganketuntasanbelajar100%.Selainmeningkatkanpemahamankonseppenggunaanmodelbangundatarmampumeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.Peningkatanaktivitasbelajarsiswatampakdariseringnyasiswatunjukjariuntukmeresponspertanyaangurudanmencocokkanhasilkerja.RasasenangsiswaditunjukkandengantepuktanganketikamengetahuihasilkerjanyabenarsertakekompakansiswaketikamenyelesaikanLKS.KesimpulanpenelitianiniadalahmelaluipenggunaanmodelbangundatarpadapokokbahasanbangundatardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIISDNPurwantoro2Malang.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumenggunakanmodelbangundatardalampembelajaranmatematikapokokbahasanbangundatarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.