Penggunaan model bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Malang / Devita Elviana

Main Author: Elviana, Devita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103230/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKElvianaDevita.2010.PenggunaanModelBangunDatarUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaPokokBahasanBangunDatarSiswakelasIISDNPurwantoro2Malang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.BambangSoerjonoM.Ed(2)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakuncimodelbangundatarhasilbelajarmatematikaGurumemilikiperananyangbesardalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswadisekolah.BerdasarkanhasilobservasidiSDNPurwantoro2MalangkhususnyasiswakelasIIpembelajaranmatematikamateribangundatarmasihdisampaikandenganmetodeceramah.Selainitusiswajugakurangtertarikdanberminatterhadappembelajaranmatematika.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenguasaankonsepbangundatarkelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalangsebelumditerapkannyapenggunaanmediapembelajaranmodelbangundatar(2)mendeskripsikanpenguasaankonsepbangundatarkelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalangsetelahditerapkannyapenggunaanmediapembelajaranmodelbangundatar(3)UntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarmatematikadalampokokbahasanbangundatarsiswakelasIISDNPurwantoro2kecamatanBlimbingkotaMalang.Untukmencapaitujuandiataspenelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas(PTK)denganmelakukan2sikluspembelajaran.SelainitupenelitianinijugamerupakankolaborasiantaragurukelasIIdenganpeneliti.Setiapsikluspembelajaranmelaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SiklusIImerupakanpembelajaranperbaikandarisiklusI.Sedangkananalisisdatadilakukandengancaradeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelbangundatarternyatamampumeningkatkanpemahamankonsep.Terbuktidariskoryangmeningkatdarirata-ratasebelumnyaadalah5275padasiklusImeningkatmenjadi7938padasiklusIIdenganketuntasanbelajar100%.Selainmeningkatkanpemahamankonseppenggunaanmodelbangundatarmampumeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.Peningkatanaktivitasbelajarsiswatampakdariseringnyasiswatunjukjariuntukmeresponspertanyaangurudanmencocokkanhasilkerja.RasasenangsiswaditunjukkandengantepuktanganketikamengetahuihasilkerjanyabenarsertakekompakansiswaketikamenyelesaikanLKS.KesimpulanpenelitianiniadalahmelaluipenggunaanmodelbangundatarpadapokokbahasanbangundatardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIISDNPurwantoro2Malang.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumenggunakanmodelbangundatardalampembelajaranmatematikapokokbahasanbangundatarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.