The teaching and learning of English vocabulary and pronunciation to an autistic students: a case study / Zulfa Alfi Inayah

Main Author: Inayah, Zulfa Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/10323/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKInayahZulfaAlfi.2016.BelajardanPembelajaranKosakatadanPelafalanBahasaInggrispadaseorangSiswaAutisSebuahStudiKasus.SkripsiProgramPendidikanPendidikanBahasaInggrisJurusanSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SinthaTresnadewi.M.Pd.(II)Dr.EkaningDewantiLaksmiM.Pd.KatakuncikosakatapelafalanautisstudikasusBahasaInggrissebagaibahasaasingyangdiajarkansecaraglobaljugadiajarkanpadasiswa-siswaAutissebagaimatapelajaranyangdiwajibkandiSekolahLuarBiasadiIndonesia.SalahsatunyaadalahSMPLBPutraJayaMalang.PerbedaankebutuhandankarakteristikbelajarpadasiswaAutismembuatpenelititertarikuntukmempelajarilebihlanjutmengenaiprosesbelajardanpembelajaranBahasaInggrispadasiswaAutis.NamunmelihatkemampuansiswaAutispengajaranBahasaInggrisdiSMPLBPutraJayaMalangterbataspadapengajaranKosakatadanPelafalansaja.Makadariitupenelitianinifocuspadapengajarankeduaaspektersebut.UntukmemperolehgambaranyangmendalammengenaipengajarandanpembelajaranKosakatadanPelafalanBahasaInggrispadasiswaAutisstudiinimenggunakanStudiKasussebagaidesainpenelitian.SubyekdaripenelitianiniadalahseorangGuruKelasdanseorangsiswaAutisdikelasIXSMPLBPutraJayaMalang.Dalammengumpulkandatapenelitimenggunakanpedomanwawancaracatatanlapanganrekamanvideodanlembartes.Pedomanwawancaradigunakansaatmelakukanwawancarauntukmendapatkaninformasimengenaigurusiswasekolahdankurikulumyangdipakai.Pedomanwawancaradanrekamanvideodigunakanuntukmembantupenelitimelakukanobservasidikelas.Sedangkantesdalambentukpre-testdanpost-testdiberikanuntukmengukurkeberhasilansiswadalammempelajarimateridikelas.DatayangdiperolehlaludianalisisberdasarkanteoritentangpengajaranBahasaInggrispadasiswaAutisdansiswanormaluntukmengetahuiperbedaannya.Hasildaripre-testdanpost-testjugadibandingkanuntukmengetahuiperkembangansiswaterhadapstrategiGurudalammengajarkanBahasaInggrisdikelas.HasildaripenelitianinimenyajikanstrategiyangdigunakanolehgurudalammengajarkankosakatadanpelafalanBahasaInggrispadasiswaAutisdanperkembangansiswasetelahpertemuandikelas.DalammengajarkankosakataBahasaInggrisdiketahuibahwaadaduastrategiberbedayangdigunakangurudidalamkelas.Pertamagurumenggunakankamusbergambaruntukmembantusiswauntukmengartikankosakata.Keduagurumenggunakanvocabularybigbooksebagaialatbantubagisiswauntukmenerjemahkankosakata.DalammengejarkanpelafalanBahasaInggrisgurumenggunakanmetodeListenandRepeat(DengarkandanTirukan)dengancarasiswamembacaterlebihdahululalugurumembenarkanpelafalanyangsalah.Perkembangansiswadaripre-testdanpost-testmenunjukkanbahwaadapeningkatanpadapengetahuankosakatadanpelafalansiswasetelahduapertemuantersebut.Darihasilpenelitianpenelitimemberikanbeberapasaran.UntukguruSekolahLuarBiasadisarankanagarmenambahpengetahuandibidangBahasaInggrisagartidakhanyadapatmengajarkankosakatadanpelafalantetapijugamateridanketerampilanyangdapatmendukungkemampuanberkomunikasi.MempelajaritentangpengajaranbahasaasingjugabermanfaatbagiparaguruuntukdapatmemahamikebutuhansiswasertamediadanaktivitaspembelajaranBahasaInggrisyangmenarik.UntukpenelitiselanjutnyadapatmenelitipengajaranBahasaInggrispadasiswaautislebihdalamdenganmelakukanpenelitiandenganwaktuyanglebihlamahinggasaturasidatatercapai.Disarankanjugabagipenelitiuntukmemperluassubyekpenelitiansertamenyertakanketerampilandanunsurbahasalain.Jikamenggunakantesmenggunakanjenistessubyektifsangatdisarankanagarmendapathasilyangreliable.