The teaching and learning of English vocabulary and pronunciation to an autistic students: a case study / Zulfa Alfi Inayah
Main Author: | Inayah, Zulfa Alfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10323/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKInayahZulfaAlfi.2016.BelajardanPembelajaranKosakatadanPelafalanBahasaInggrispadaseorangSiswaAutisSebuahStudiKasus.SkripsiProgramPendidikanPendidikanBahasaInggrisJurusanSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SinthaTresnadewi.M.Pd.(II)Dr.EkaningDewantiLaksmiM.Pd.KatakuncikosakatapelafalanautisstudikasusBahasaInggrissebagaibahasaasingyangdiajarkansecaraglobaljugadiajarkanpadasiswa-siswaAutissebagaimatapelajaranyangdiwajibkandiSekolahLuarBiasadiIndonesia.SalahsatunyaadalahSMPLBPutraJayaMalang.PerbedaankebutuhandankarakteristikbelajarpadasiswaAutismembuatpenelititertarikuntukmempelajarilebihlanjutmengenaiprosesbelajardanpembelajaranBahasaInggrispadasiswaAutis.NamunmelihatkemampuansiswaAutispengajaranBahasaInggrisdiSMPLBPutraJayaMalangterbataspadapengajaranKosakatadanPelafalansaja.Makadariitupenelitianinifocuspadapengajarankeduaaspektersebut.UntukmemperolehgambaranyangmendalammengenaipengajarandanpembelajaranKosakatadanPelafalanBahasaInggrispadasiswaAutisstudiinimenggunakanStudiKasussebagaidesainpenelitian.SubyekdaripenelitianiniadalahseorangGuruKelasdanseorangsiswaAutisdikelasIXSMPLBPutraJayaMalang.Dalammengumpulkandatapenelitimenggunakanpedomanwawancaracatatanlapanganrekamanvideodanlembartes.Pedomanwawancaradigunakansaatmelakukanwawancarauntukmendapatkaninformasimengenaigurusiswasekolahdankurikulumyangdipakai.Pedomanwawancaradanrekamanvideodigunakanuntukmembantupenelitimelakukanobservasidikelas.Sedangkantesdalambentukpre-testdanpost-testdiberikanuntukmengukurkeberhasilansiswadalammempelajarimateridikelas.DatayangdiperolehlaludianalisisberdasarkanteoritentangpengajaranBahasaInggrispadasiswaAutisdansiswanormaluntukmengetahuiperbedaannya.Hasildaripre-testdanpost-testjugadibandingkanuntukmengetahuiperkembangansiswaterhadapstrategiGurudalammengajarkanBahasaInggrisdikelas.HasildaripenelitianinimenyajikanstrategiyangdigunakanolehgurudalammengajarkankosakatadanpelafalanBahasaInggrispadasiswaAutisdanperkembangansiswasetelahpertemuandikelas.DalammengajarkankosakataBahasaInggrisdiketahuibahwaadaduastrategiberbedayangdigunakangurudidalamkelas.Pertamagurumenggunakankamusbergambaruntukmembantusiswauntukmengartikankosakata.Keduagurumenggunakanvocabularybigbooksebagaialatbantubagisiswauntukmenerjemahkankosakata.DalammengejarkanpelafalanBahasaInggrisgurumenggunakanmetodeListenandRepeat(DengarkandanTirukan)dengancarasiswamembacaterlebihdahululalugurumembenarkanpelafalanyangsalah.Perkembangansiswadaripre-testdanpost-testmenunjukkanbahwaadapeningkatanpadapengetahuankosakatadanpelafalansiswasetelahduapertemuantersebut.Darihasilpenelitianpenelitimemberikanbeberapasaran.UntukguruSekolahLuarBiasadisarankanagarmenambahpengetahuandibidangBahasaInggrisagartidakhanyadapatmengajarkankosakatadanpelafalantetapijugamateridanketerampilanyangdapatmendukungkemampuanberkomunikasi.MempelajaritentangpengajaranbahasaasingjugabermanfaatbagiparaguruuntukdapatmemahamikebutuhansiswasertamediadanaktivitaspembelajaranBahasaInggrisyangmenarik.UntukpenelitiselanjutnyadapatmenelitipengajaranBahasaInggrispadasiswaautislebihdalamdenganmelakukanpenelitiandenganwaktuyanglebihlamahinggasaturasidatatercapai.Disarankanjugabagipenelitiuntukmemperluassubyekpenelitiansertamenyertakanketerampilandanunsurbahasalain.Jikamenggunakantesmenggunakanjenistessubyektifsangatdisarankanagarmendapathasilyangreliable.