Meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia menyusun paragraf melalui morfologi bahasa jawa bagi siswa kelas III SDN Pogar II kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Mas'udah

Main Author: Mas'udah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103222/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMasudah2010.MeningkatkanKemampuanBerbahasaIndonesiaMenyusunParagrafMelaluiMorfologiBahasaJawaBagiSiswaKelasIIISDNPogarIIKecamatanBangilKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahProgramStudySIPGSDFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.RumidjanM.Pd.(II)Drs.SumantoM.Pd..KatakuncikemampuanberbahasaindonesiamorfologibahasaSD.DisadariatautidakPenggunaanBahasasangatpentingdikalanganMasyarakatDaribeberapabahasayangadadiIndonesiamemilikisistemyangberbeda-bedahalinitergantungpadapenggunaanfonologimorfologidanSintaksisbahasayangberbedapulunamunsebagaianbesarperbedaanituterletakpadamorfologinya.HaliniterjadipulapadaBahasaIndonesiadanBahasaJawa.KarenaitupenelitiinginmenelitikemampuanberbahasaIndonesiamelaluimorfologibahasaJawa.Permasalahanyangingindikajidalampenelitianiniadalah(a)BagaimanakahkemampuanberbahasaIndonesiasiswakelasIIISDNPogarIImelaluipenguasaanmorfologibahasaJawayangtepat.(2)InginmengetahuiAdakahPeningkatankemampuanberbahasaIndonesiamelaluipenguasaanmorfologiyangtepat.Sedangkantujuandaripenelitianiniadalah(a)kemampuanberbahasaIndonesiasiswakelasIIISDNPogarIImelaluipenguasaanmorfologibahasaJawayangtepat.(b)AdakahPeningkatankemampuanberbahasaIndonesiamelaluipenguasaanmorfologiyangtepat.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakan(actionresearch)sebanyak2putaran.Setiapputaranterdiridariempattahapyaiturancangankegiatandanpengamatanrefleksidanrefisi.SasaranpenelitianiniadalahsiswaKelasIIISDNPogarIIBangilKabupatenPasuruanPenelitianinidilaksanakanpadaSemesterGanjilTahunPelajaran2009-2010.Datayangdiperolehberupahasiltesformatiflembarobservasikegiatanbelajarmengajar.DarihasilanalisisdidapatkanbahwaprestasibelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIsampaisiklusIIyaitusiklusyaitusiklusI(702%)siklusII(8918%).KesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranBahasaIndonesiadenganmenerapkanmorfologibahasadaerahyangtepatdapatmeningkatkankemampuanBerbahasaIndonesiaagisiswakelasIIISDNPogarIIKecamatanBangilKabupatenPasuruansertapembelajaraninidapatdigunakansebagaisalahsatualternatifpembelajaranBahasaIndonesia