Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas di kelas IV SDN Tlumpu Kota Blitar / Asna Nurrohmah Sirod
Main Author: | Sirod, Asna Nurrohmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103220/ |
Daftar Isi:
- ABSRTAKSirodAsnaNurrohmah.2010.PeningkatanHasilBelajarIPSMelaluiMetodePemberianTugasdiKelasIVSDNTlumpuKotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SuwartiS.Pd.M.Pd(2)SuminahS.Pd.M.Pd.Kata-katakuncihasilbelajarmetodepemberiantugassumberdayaalam.PadapenelitianinipenggunaanmetodepemberiantugasdalampembelajaranIPSadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadiSDNTlumpuKotaBlitar.Pemilihanmetodeinidilatarbelakangimasalahhasilbelajarsiswayangmasihrendah.Haltersebutdisebabkandalampelaksanaanpembelajaranmasihdidominasiolehmetodeceramah.PenelitianinibertujuanumtukmengetahuimengungkapkandanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDNTlumpuKotaBlitarpadapokokbahasansumberdayaalamdenganmenggunakanmetodepemberiantugas.Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Rancanganpenelitiandisusundalamsiklussampaimendapatkanhasilyangdiinginkan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahtesobservasidancatatanlapangan.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranyangdilakukanolehgurukelasIVdapatdiketahuibahwanilaiyangdiperolehsiswamasihberadadibawahkriteriaketuntasanminimal(KKM)yaitu70.Hanyaada15siswadari33siswasudahmencapainilaidiatasKKM.Sedangkansisanya18siswabelummencapaiKKM.Haliniberartihanyaada455%siswayangtuntasbelajar.SetelahmenggunakanmetodepemberiantugasdalampembelajarannilaiindividusiswapadasiklusImeningkatyaitumenjadi697%dari33siswatelahtuntasbelajar.Prosentasetersebutmasihbelummemenuhistandaryangtelahditetapkanyaitu70%siswadari33siswatelahtuntasbelajar.MakaperludilakukansiklusIIuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIInilaisiswajugameningkatmenjadi100%siswasudahtuntasbelajar.Sedangkannilaipadatugaskelompokjugamengalamipeningkatan.PadasiklusIpersentasekeberhasilanyangdiperolehyaitu667%meningkatmenjadi100%padasiklusII.Aktivitassiswadalampembelajaranjugamengalamipeningkatan.HalinidapatdiketahuidaripersentasekeberhasilanyangdiperolehpadasiklusIyaitu621%meningkatmenjadi78%padasikusII.Demikianjugadengankemampuangurudalammenerapkanmetodepemberiantugasjugamengalamipeningkatan.PadasiklusIpersentasekeberhasilanyangdiperolehyaitu636%meningkatpadasiklusIImenjadi100%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmetodepemberiantugaspadapokokbahasansumberdayaalamterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikhasiltugaskelompokmaupuntugasindividu.Selainituaktivitassiswadalampembelajaranjugamengalamipeningkatan.Olehkarenaitudisarankanbagiguruagarmenggunakanmetodepemberiantugasdalampembelajaranagarhasilyangdiperolehmenjadimaksimal.