Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Miftahurrohmah
Main Author: | Miftahurrohmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103215/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMiftahurrohmah.2010.PenerapanmetodesimulasiuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVDalamPembelajaranPKnDiSDIAL-YASININgabarKratonPasuruan.SkripsijurusanPendidikanSekolahDasardanPraSekolah.FIPUniversitasNegeriMalang.pembimbing(1)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(2)Dra.NurHanifahM.Pd.KatakunciPenerapanMetodeSimulasiHasilbelajarPKnSDPendidikanKewarganegaraan(PKn)bertujuanuntukmembentukwatakwarganegarayangbaikyaituwarganegarayangtahumaudansadarakanhaksertakewajibannya.UntukmeningkatkankemampuandankemauansiswadalampembelajaranPKnperluadanyapembelajaranyangsesuaidenganpenerapanpembelajaranyangdiharapkanuntukhasilbelajarmeningkatdanlebihbaik.HasilobservasiawalditemukanbahwasiswaSDIal-yasinibelummenerapkanmetodesimulasi.Sebagiansiswabelummampumencapaikriteriaketuntasanyangditentukanolehsekolahyaitu65ketuntasanindividu.Berdasarkanhalinimetodesimulasisangattepatdigunakansebagaialternatifdalamprosespembelajaran.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalah1)MendeskripsikanpenerapanmetodesimulasiuntuksiswakelasVdalampembelajaranPKndiSDIal-yasiniNgabarKratonPasuruan2)MendeskripsikanaktifitassiswakelasVdalampembelajaranPKndiSDIal-yasiniNgabarKratonPasuruan3)MendeskripsikanpenerapanmetodesimulasiuntukpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVdalampembelajaranPKndiSDIal-yasiniNgabarKratonPasuruan.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodesimulasiyaitupembelajaranyangmelibatkansiswasecaralangsungsehinggasiswadapatmemahamikonsepprinsipsikapdannilaididalamnya.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitataifdandeskriptifkuantitatif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDIal-yasinisebanyak25siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradantes.Hasilanalisisdatasetelahpenerapanmetodesimulasimenunjukkanbahwa1)PembelajaranPKndenganpenerapanmetodesimulasikemampuangurudalammelaksanakanpembelajaransesuaidenganRPPmencapainilai961dengankategoriA2)Untukaktivitasbelajarsecaraklasikalmencapainilai828%dengankategoriA3)Hasilbelajarsiswamencapainilai836denganketuntasanbelajar88%.HasilpenelitianinimenunjukkanpenerapanmetodesimulasidalampembelajaranPKnsiswakelasVSDIal-yasinidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterbuktidarihasilyangdiperolehsiswadapatdilihatdarirata-ratahasiltesmulaidaripretes(6272)denganprosentase(32%)meningkatsiklusI(736)denganprosentase(48%)danmeningkatlagisiklusII(836)denganprosentase(88%)yangterusmengalamipeningkatan.Saranyangdisampaikankepadaguruyaitulebihprofesionaldalammenjalankantugasmengajaruntukmerangsangminatbelajarsiswanyasertamelibatkannyasecarautuhdalampembelajaran