Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran berbantuan media internet pada siswa kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang / Sigit Gunawan
Main Author: | Gunawan, Sigit |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103209/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKGunawanSigit.2010.MeningkatkanHasilBelajarIPAMelaluiPembelajaranBerbantuanMediaInternetPadaSiswaKelasVISDNMergosono3KotaMalang.SkripsiJurusanKSDPFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.SukamtiM.Pd.(II)Drs.GoenawanRoebyantoM.Pd.KataKuncipembelajaranIPAinternethasilbelajarSalahsatufaktorpenyebabpenguasaanmateripembelajaranIPAyanglemahditingkatsekolahdasaradalahkurangnyasaranadanprasaranayangmemadaisehinggapesertadidikkesulitandalammemahamimateripembelajaranIPA.InternetadalahsalahsatumediayangdapatmembantusiswadalampembelajaranIPA.Selainpengunaane-mailsiswasebagaisaranabelajardankomunikasigurupembelajaranmandirimenggunakanbukuelektronik(BSE)danpenggunaanmediaanimasiuntukmemvisualisasikanmateripembelajaranberbasisinternetuntukKBMdapatmeningkatkanpenguasaanmaterikhususnyapembelajaranIPApadasiswakelasVISDNMergosono3KotaMalang.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpenggunaaninternetpeningkatankeaktivandanhasilbelajarsiswakelasVImelaluipembelajaranIPAberbantuaninternetdiSDNMergosono3kecamatanKedungkandangkotaMalangyangmelibatkan43siswaTahunPelajaran2009-2010.PenelitianinidilakukanmelaluisiklusKemisMC.Taggartdenganmenggunakan2faseatau2siklusyangsetiapsiklusnyaterdiridariperencanaantindakanobservasidanrefleksi.PengumpulanDataakandilakukandenganteknikobservasitesdandokumentasi.3kalipertemuanuntuksiklusIyangdilakukanpadatanggal4Maret20108Maret2010Dan9Maret2010.Dan3kalipertemuanuntuksiklusIIyangdilakukanpadatanggal12Maret201013Maret2010Dan17Maret2010.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajarandenganmediainternetsangatdiperlukan.HalinidapatdilihatdaribesarnyaprosentasepeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswasetelahmengikutiPBMdimanapadasiklusIrata-ratakeaktifansiswamencapai3488%danhasilbelajar56(pratindakan).SedangkankenaikanyangcukupsignifikanditunjukkanpadasiklusIIdimanarata-ratakeaktifansiswamencapai7597%(meningkat4109%)danhasilbelajar7558yangmengalamipeningkatansebanyak1958.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagarguruSekolahDasarmemilikipengetahuandanpemahamanyangcukuptentangpembelajaranberbasisITsehinggapembelajaranyangdilakukandapatmencapaihasilyangoptimal.