Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan pakem pada siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Nailul Fitriya

Main Author: Fitriya, Nailul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103206/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriyaNailul.2010.PeningkatanHasilBelajarMatematikadenganPendekatanPAKEMPadaSiswaKelasIVSDNSumberdadi03KecamatanSumbergempolKabupatenTulungagung.SkripsiProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HM.ZainudinM.Pd.(II)Dra.WasihDSM.Pd.KatakuncihasilbelajarbilanganbulatpendekatanPAKEMMatematikamempunyaiperananpentingdalamkehidupanmanusia.Dalamkesehariannyasegalatindakandantingkahlakumanusiaselaluberhubungandenganmatematikameskipunhanyasedikit.Kegiatanbelajarmengajarmerupakankegiatanyangdiutamakandalamprosespendidikandisekolah.KegiatanpembelajaranmatematikadiSDNSumberdadi03masihmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.Siswahanyamenerimapengetahuandarigurutanpaterlibatsecaraaktifuntukmenemukanpengetahuantersebut.Akibatnyabanyaksiswayangmengalamikesulitandalammengerjakansoal.Berdasarkanhasilobservasidari26siswanilairata-ratauntukpelajaranmatematikamasihkurangyaitu508danbelummencapaiSKM.KarenaitulahpenelitimelakukanpenelitiantindakankelasuntukmencapaiketuntasansiswadalambelajarsesuaidenganSKMyangditetapkandalanKTSPSDNSumberdadi03.TindakanyangdilakukanadalahdenganmenerapkanpendekatanPAKEM.Penelitiandirancangdenganmenggunakanpenelitiankualitatifyaitupenelitiantindakankelas.TahapanpenelitiandilakukanmenuruttahapyangdikemukakanolehKemmisdanTaggart.Subjekpenelitiberjumlah26siswa.DatayangdiambiladalahdatatentanghasilbelajarsiswaketerlaksanaanpendekatanPAKEMkegiatanmengajargurudanresponsiswa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasitesdanangket.Teknikanalisadatadilakukansetelahpelaksanaantindakanpadasetiapsiklus.Analisadatamerupakanprosesmenyeleksimenyederhanakanmemfokuskanmengabstrasikandanmengorganisasidatasecarasistematikdanrasionaluntukmenyusunjawabanterhadaptujuanpenelitian.UntukhasilbelajardigunakanSKMsebagaistandarketuntasansiswadalambelajar.HasilpenelitianyangdiperolehadalahsebagaiberikuthasilbelajarsiswaberupapemahamankonsepsecaraklasikalmengalamipeningkatandarisiklusI4230%dansiklusII8846%.KeterlaksanaanpendekatanPAKEMdalamkegaiatanpembelajaranjugamengalamipeningkatandarisiklusI3076%dansiklusII9230%.DaridatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatanPAKEMdapatmemberikanpeningkatanhasilbelajarsiswa.DarihasilpenelitiantersebutdiharapkanagargurumencobamenerapkanpendekatanPAKEMuntukmembantumengatasikesulitansiswasedangkanuntukpenelitilaindiharapkandapatmenyempurnakanpenelitianinidenganmenerapkannyapadaruanglingkupyanglebihluas.