Penggunaan media dekak-dekak untuk meningkatkan hasil belajar konsep penjumlahan bilangan cacah di kelas II SDN Minggir Winongan Pasuruan / Siti Aminah
Main Author: | Aminah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103204/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAminahS.2010.PenggunaanMediaDekak-DekakuntukMeningkatkanHasilBelajarKonsepPenjumlahanBilanganCacahDiKelasIISDNMinggirWinonganPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahProgramStudiS1PGSD.FakultasIlmuPendidikanUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.UsepKustiawanM.Sn.Pembimbing(II)Dra.EndangSetyoWinarniM.Pd.KataKunciDekak-dekakpenjumlahanbilangancacahmatematikaSD.Dalamprosespembelajaranmatematikadikelas11SDNMinggirpenelitimenemukanbeberapapermasalahanantaralain(1)kecenderunganguruuntukmendominasikegiatanpembelajaran(2)rendahnyapenguasaansiswapadakonseppenjumlahanbilangancacah(3)dandalamprosespembelajarantanpamenggunakanmedia.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanpenggunaanmediadekak-dekakterhadapkonseppenjumlahanbilangancacahpadasiswakelasIISDNMinggir(2)peningkatankeaktifansiswakelasIISDNMinggirdalampenggunaanmediadekak-dekakterhadapkonseppenjumlahanbilangancacah(3)peningkatanhasilbelajarsiswakelasIISDNMinggirdenganpenggunaanmediadekak-dekakterhadapkonseppenjumlahanbilangancacah.PenelitianinimenggunakanrancanganPTK.SubyekpenelitianinisiswakelasIISDNMinggirKecamatanWinongansejumlah39siswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahlembarobservasiwawancaratesdancatatanlapangan.Analisisdataterdiridari3komponenkegiatanyangdilakukansecaraberurutanyaitukegiatanreduksisajiandatasertapenarikankesimpulan.Hasildaripenelitianmenunjukkanadanyapengaruhpositifpadakegiatanpembelajarandikelas11SDNMinggir.Pengaruhtersebutberupapeningkatankualitaspembelajaranpeningkatanaktivitassiswadalampembelajarandanpeningkatanpengusaansiswapadakonseppenjumlahanbilangancacah.Haliniterlihatdaripeningkatanrata-rataskorhasiltesevaluasi.Peningkatanrata-rataskorhasilbelajarsiswapadapratindakan(556)siklusI(669)dansiklusII(810).Kesimpulannyapenggunaandekak-dekaksangatmenarikdanmenyenangkanuntukpembelajaranmatematikakhususnyauntukpenerapankonseppenjumlahanbilangancacah.Aktivitassiswadalampembelajarandenganmenggunakanmediadekak-dekakterhadapkonseppenjumlahanbilangancacahmenunjukkanpeningkatan.Danpembelajaranmatematikatentangkonseppenjumlahanbilangancacahdenganmenggunakanmediadekak-dekakdapatmeningkatkanhasilbelajar.DenganhasilpenelitiantersebutmakadisarankankepadagurudalammeningkatkanhasilbelajarsiswakonseppenjumlahanbilangancacahdikelasIIsebaiknyamenggunakanalatbantuberupadekak-dekakagarsiswalebihaktifkreatifdantidakbosandalamprosespembelajaran.Untukkepalasekolahsupayamenyediakansaranadanmediapembelajarankhusunyadikelas-kelasagarprosesbelajarmengajarlebihbermaknabagisiswa.Sedangkanuntuksiswadalamsetiapkegiatanbelajarmengajarberlangsunghendaknyaselaluaktifdanmemperhatikanketikagurumemperagakanmediakhususnyadekak-dekak.