Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Slorok 01 Kabupaten Blitar / Heny Zulaikah
Main Author: | Zulaikah, Heny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103200/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZulaikahHeny.2010.PeningkatanHasilBelajarIPSMelaluiPenerapanModelPembelajaranBerbasisMasalahpadaSiswaKelasIVSDNSlorok01KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKSDPProdiS1PGSDFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.LilikBintartikM.Pd.(II)Dra.WasihDSM.Pd.KatakuncipembelajaranberbasismasalahhasilbelajarIPSIlmuPengetahuanSosial(IPS)merupakansebuahmatapelajaranyangmempelajaritentanghubunganantarmanusiadanduniasekelilingnya.MelaluipendidikanIPSsiswadibekalidenganpengetahuanketerampilansikapdannilaisertabagaimanabertindak.NamunpembelajaranIPSmasihdianggapsebagaima-tapelajaranyangsulitdanmembosankanbagisiswa.TidakjaranghasilbelajarIPSyangdiperolehsiswamasihrendah.Selainitukemampuansiswadalammemecahkanmasalahmasihkurang.UntukmemperbaikipembelajaranpenelitimencobamenerapkanmodelpembelajaranyanginovatifyaitumenggunakanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmengungkap(1)Pembelaja-ranIPSpadatahappratindakan(2)HasilbelajarIPSpadatahappratindakan(3)PenerapanPBMdalampembelajaranIPS(4)HasilbelajarIPSmelaluiPBMpadasetiapsiklus(5)PeningkatanhasilbelajarIPSmelaluipenerapanPBM.JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatifdenganmenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Datayangdiperolehdalampenelitianinimeliputidatapelaksanaanpem-belajaranpadatahappratindakandanpelaksanaanpenelitiandenganmenerapkanPBMdandatahasilbelajarsiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanobservasitesdanfoto.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Pembelajaranpadapratindakanmasihbersifatkonvensionaldimanapembelajaranberpusatpadaguru(2)HasilbelajarIPSpadapratindakanmemperolehpersentaserata-ratakelas594%(3)PenerapanmodelpembelajaranIPSsesuaidenganlangkah-langkahPBM(4)HasilbelajarsiswapadasiklusImemperolehpersentaserata-ratakelas69%sedangkansiklusII822%(5)siklus1persentasekeberhasilansecaraklasikaldari594%menjadi69%denganpeningkatansebesar96%.SedangkanpadasiklusIIdari69%menjadi822%denganpeningkatansebesar132%.BerdasarkanpembahasandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelPBMdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNSlorok01KabupatenBlitar.Berdasarkanpenelitianinidisarankanhendaknyagurudapatmemilihdanmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatdansesuaidenganmateriyangdiajarkan.