Peningkatan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) melalui pendekatan kooperatif model teams games tournaments (TGT) siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Yeni Suryaningsih

Main Author: Suryaningsih, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103182/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuryaningsihYeni.2010.PeningkatanHasilBelajarKPKdanFPBMelaluiPendekatanKooperatifModelTGTSiswaKelasIVSDNITenggongKecamatanRejotanganTulungagung.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramstudiSarjanaKependidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ImamHanafiM.M.(II)Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.KataKuncihasilbelajarKPKdanFPBTGTProsespembelajaranmatematikadiSDNITenggongyangselamainidigunakanolehguruadalahdenganmenggunakancarakonvensionalyaituceramahgurusecaraaktifmemberikaninformasikepadasiswasedangkanpartisipasisiswaselamaprosespembelajarantampakpasif.Kegiatanyangdilakukanolehsiswahanyadudukdengardanmencatattugas.Penyampaianinformasiyangdiberikankepadasiswasecaraabstrak.HalinimenyebabkanrendahnyapemahamansiswauntukmengusaikonsepKPKdanFPB.Tujuandaripenelitianiniyaituuntuk(1)mendiskripsikanpenerapanpendekatankooperatifmodelTGTdalampembelajaranKPKdanFPBsiswakelasIVSDNTenggong01KabupatenTulungagung(2)mendiskripsikanpeningkatanhasilbelajarKPKdanFPBmelaluipendekatankooperatifmodelTGTsiswakelasIVSDNITenggongKecamatanRejotanganKabupatenTulungagung.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNITenggongKecamatanRejotanganKabupatenTulungagungdenganjumlahsiswasebanyak9siswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanuntukmendukungdatapenelitianinimeliputi(1)Tes(2)observasidan(3)dokumentasi.Teknikanalisadatayangdigunakanyaitureduksidatapenyajiandatadankesimpulan.PenerapanpendekatankooperatifmodelTGTdalampembelajaranKPKdanFPBdiimplementasikandenganlimatahapyaitutahappersiapanpenyampaianmateribelajartimturnamendanrekognisitim.PenerapanpendekatankooperatifmodelTGTinidigunakanuntukmeningkatkanpenilaianprosessiswadanhasilbelajar.Halinidapatdiketahuidaripeningkatanpenilaianprosesselamakegiatanpembelajaranberlangsungdanpeningkatanhasilbelajarsiswa.PenilaianprosesdarisiklusIsebanyak56%dansiklusIIsebanyak100%halinimenunjukkanpeningkatankualitasprosessebesar44%.KetuntasanbelajarpadasiklusIkesiklusIIjugamengalamipeningkatandari67%menjadi89%halinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsebesar22%.SaranyangdiajukandalampenelitianiniadalahdalampenerapanpendekatankooperatifmodelTGThendaknyagurumemberikankesempatankepadasiswauntukbelajartimagarsiswamudahmemahamimateridanselalutermotivasibelajardenganadanyapenghargaandariguruatashasilbelajaryangdiraih.