Using modified snake and ladder game to improve the vocabulary mastery of the fourth graders of MIN Curah Jeru Situbondo / Indah Intan Pertiwi
Main Author: | Pertiwi, Indah Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10318/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPertiwiII.2016.MenggunakanPermainanUlarTanggaModifikasiuntukMeningkatkanPenguasaanKosakataBahasaInggrisSiswaKelas4MINCurahJeruSitubondo.SkripsiJurusanSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SinthaTresnadewiM.Pd.(2)Dra.SitiNurulMuthmainnah.M.A.Katakuncisiswasekolahdasarulartanggakosakata.SiswasudahmulaidiperkenalkanuntukbelajarkosakatabahasaInggrissejaksekolahdasar.BagaimanapunjugamengajarkankosakatabahasaInggrisuntukpelajarmudatidaklahgampang.Masalahumumyangditemukanadalahsiswatidakbisauntukmengingatkosakatatersebutdalamingatanjangkapanjangmereka.PenelitianiniditujukanuntukmenuntaskanmasalahyangdihadapiolehsiswakelasempatMINCurahJeruSitubondo.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilaksanakansebelumnyaditemukanbahwahampirseluruhsiswatidakmenguasaikosakatabahasaInggris.Untukmemecahkanmasalahinipenelitimengaplikasikanpermainanulartangga.Siswadapatbelajarbanyakhaldaripermainaninitidakhanyauntukprestasiakademiksajanamunjugauntukinteraksisosialmereka.PenelitianinimenggunaanPenelitianTindakanKelas(PTK).Adaempattahapdalammelakukanpenelitianiniyaituperencanaanpenerapanobservasidanrefleksi.PenelitianiniditujukanuntukmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasempatMINCurahJeruSitubondoditahunajaran2015/2016.Adaenambelassiswaterdiridarisepuluhsiswalakilakidanenamsiswiperempuan.Datadiambildariempatinstrumensepertitesvocabularychecklistobservasicatatanlapangandankuisioner.Kriteriakesuksesaandaripenelitianiniadalahsiswaharusmendapatkannilaiminimalsesuaidenganstandarnilaimerekaenampuluhlima.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Berdasarkandarihasilnilaitesakhirpenelitianinidikategorikansukses.Hasilmenunjukkanbahwatigabelasdarilimabelassiswaberhasilmelewatiskorminimal.Adatigasiswayangmendapatkan100danrata-ratanilaimerekajugameningkat.Kemudianpenelitimembandingkannilaipra-tesmerekadannilaitesakhirmerekadenganmenggunakanSPSS.Hasilmenunjukkanbahwanilaisiswadisiklusduameningkatsecarasignifikan.BerdasarkantemuandiatasdapatdisimpulkanbahwapermainanulartanggadapatmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.Sebagaitambahanpermainaninimenarikdancocokuntuksiswasekolahdasar.Olehkarenaitudiharapkanbahwapermainanulartanggainidapatdigunakansebagaimediaalternatifuntukmengajarkankosakataolehgurudanuntuksekolahpenelitiberharapagarsekolahdapatmemfasilitasimediamenariklainnyauntukmembantuguruselamaprosesbelajardanmengajar.Danuntukpenelitiselanjutnyayangjugatertarikmenerapkanmediayangsamadisarankanuntukmembuatmediainidaribahanyangtidakmudahrusakdanjugauntuklebihmempertimbangkanwaktuyangakandigunakan.Selainituparapenelitiselanjutnyadapatmenggunakanpermainaniniuntukaktifitasberbicaramembacadanmenuliskarenapermainaninicocokdiimplementasikanuntukketerampilanberbahasayanglain.