Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Curahdukuh II / Supardi

Main Author: Supardi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103178/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSupardi.2010.PenerapanPendekatanKontekstualuntukMeningkatkanPembelajaranIPASiswaKelasVSDNCuradukuhII.SkripsiProgramStudiS1PGSDJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegerimalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.HartiKartiniM.Pd(II)DRs.HeruAgusTriWidjayaM.PdKatakuncipendekatankontekstualpembelajaranIPA.BerdasarkanobservasiterhadappembelajaranIPAdanhasilwawancaradengangurukelassertabeberapasiswadapatdiketahuiselamainipembelajaranIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhIImasihberpusatpadagurusehinggasiswacenderungpasif.Akibatnyahasilbelajaryangdicapaitidaksesuaidenganharapan.UntukituperludilakukanPTKdenganmenerapkanpembelajarankontekstual.Tujuandalampenelitianiniadalah1)MendeskripsikankemampuangurudalammenerapkanpendekatankontekstualpadapembelajaranIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhII2)MendeskripsikanpendekatankontekstualuntukmeningktkanaktivitasbelajarIPAkelasV3)MendeskripsikanpendekatankontekstualuntukmeningkatkanhasilbelajarIPAkelasV4)Mendeskripsikantenggapanguruterhadappenerapanpendekatankontekstual5)Mendeskripsikantanggapansiswaterhadappenerapanpendekatankontekstual.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanTaggartdenganduasiklus(siklusIdansiklusII).SubjekpenelitiantindakanadalahsiswakelasVyangyangberjumlah30siswadanseoranggurukelassebagaimitrapeneliti.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahpengamatanwawancaracatatanlapangandandolumentasi.Analisisdatayangdilakukansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkan1)KemampuangurudalampemebelajaranmeningkatyaitupadasiklusIketegoriBpadasiklus2termasukkategoriA.2)Aktivitasbelajarsiswameningkatdarisepuluhaktivitasmengalamipeningkatan.3)Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatannilairata-ratakelasnaikdaripratindakansebesar497menjadi613padasiklus1dan733padasiklus24)TanggapangurukelasVterhadappenerapanpendekatankontekstualmendapatresponpositifkarenamemudahkansiswabelajar.5)TanggapansiswaterhadappenerapankontekstualpadapembelajaranIPAsiswasangatsenangdanmenginginkansetiappembelajaranIPAmenerapkanpendekatankontekstual.Kesimpulandaripenelitianiniadalah1)Pendekatankontekastualdapatmeningkatkankemampuanguru2)AktivitasbelajarIPAsiswakelasV3)HasilbelajarIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhII4)MendapatresponpositifdarigurukelasV5)MendapattanggapanyangmenyenangkandarisiswasehinggasiswaantusiasdalampembelajaranIPA.DisarankankepadaguruhendaknyamenerapkanpendekatankontekstualkhususnyadalampemebelajaranIPAkarenapendekatankontekstualmemberikankebebasankepadasiswauntukterlibatlangsungdalampembelajaransehinggasiswaaktifdanantusiasdalampembelajaran.Bagipenelitilaindapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnya.