Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Curahdukuh II / Supardi
Main Author: | Supardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103178/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSupardi.2010.PenerapanPendekatanKontekstualuntukMeningkatkanPembelajaranIPASiswaKelasVSDNCuradukuhII.SkripsiProgramStudiS1PGSDJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegerimalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.HartiKartiniM.Pd(II)DRs.HeruAgusTriWidjayaM.PdKatakuncipendekatankontekstualpembelajaranIPA.BerdasarkanobservasiterhadappembelajaranIPAdanhasilwawancaradengangurukelassertabeberapasiswadapatdiketahuiselamainipembelajaranIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhIImasihberpusatpadagurusehinggasiswacenderungpasif.Akibatnyahasilbelajaryangdicapaitidaksesuaidenganharapan.UntukituperludilakukanPTKdenganmenerapkanpembelajarankontekstual.Tujuandalampenelitianiniadalah1)MendeskripsikankemampuangurudalammenerapkanpendekatankontekstualpadapembelajaranIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhII2)MendeskripsikanpendekatankontekstualuntukmeningktkanaktivitasbelajarIPAkelasV3)MendeskripsikanpendekatankontekstualuntukmeningkatkanhasilbelajarIPAkelasV4)Mendeskripsikantenggapanguruterhadappenerapanpendekatankontekstual5)Mendeskripsikantanggapansiswaterhadappenerapanpendekatankontekstual.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanTaggartdenganduasiklus(siklusIdansiklusII).SubjekpenelitiantindakanadalahsiswakelasVyangyangberjumlah30siswadanseoranggurukelassebagaimitrapeneliti.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahpengamatanwawancaracatatanlapangandandolumentasi.Analisisdatayangdilakukansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkan1)KemampuangurudalampemebelajaranmeningkatyaitupadasiklusIketegoriBpadasiklus2termasukkategoriA.2)Aktivitasbelajarsiswameningkatdarisepuluhaktivitasmengalamipeningkatan.3)Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatannilairata-ratakelasnaikdaripratindakansebesar497menjadi613padasiklus1dan733padasiklus24)TanggapangurukelasVterhadappenerapanpendekatankontekstualmendapatresponpositifkarenamemudahkansiswabelajar.5)TanggapansiswaterhadappenerapankontekstualpadapembelajaranIPAsiswasangatsenangdanmenginginkansetiappembelajaranIPAmenerapkanpendekatankontekstual.Kesimpulandaripenelitianiniadalah1)Pendekatankontekastualdapatmeningkatkankemampuanguru2)AktivitasbelajarIPAsiswakelasV3)HasilbelajarIPAsiswakelasVSDNCurahdukuhII4)MendapatresponpositifdarigurukelasV5)MendapattanggapanyangmenyenangkandarisiswasehinggasiswaantusiasdalampembelajaranIPA.DisarankankepadaguruhendaknyamenerapkanpendekatankontekstualkhususnyadalampemebelajaranIPAkarenapendekatankontekstualmemberikankebebasankepadasiswauntukterlibatlangsungdalampembelajaransehinggasiswaaktifdanantusiasdalampembelajaran.Bagipenelitilaindapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanacuandalampenelitianselanjutnya.