Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar / Futikah Budiarti

Main Author: Budiarti, Futikah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBudiartiFutikah.2010.PeningkatanKeterampilanMenulisNarasimelaluiMediaGambarSeripadaSiswaKelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriNuryatiM.Pd(II)Dr.AlifMudionoM.Pd.KataKuncipeningkatanmenulisnarasimediagambarseriBerdasarkanhasilobservasidiketahuibahwasiswabelummemilikikete-rampilanmenulisnarasidenganbenar.Dalammenulissiswabelumsepenuhnyamenuliskanunsurnarasisecaralengkap.Selainituperistiwayangdituliskantidakruntutsehinggasulitdipahamialurkejadiandalamceritatersebut.Untukmengatasimasalahtersebutdigunakanmediagambarseriuntukmeningkatkanketerampilanmenulisnarasiyangpadapenelitianinibertujuanun-tuk(1)mendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmenulisnarasimelaluimediagambarseripadasiswakelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitardan(2)mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisnarasimelaluimediagambarseripadasiswakelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitar.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Rancangantindakandisusundalamsatuansiklusyangterdiridaripe-rencanaantindakanobservasidanrefleksi.Instrumenutamapengumpuldatada-lampenelitianiniadalahpenelitidibantugurukelasVdenganmenggunakanang-ketlembarobservasidandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitianpadasiklusIsiswamampumencapaiketun-tasansebesar44%atauterdapat4siswadari9siswayangmencapaiketuntasanbelajar.PadasiklusIIsiswamampumencapaiketuntasansebesar89%atauter-dapat08siswatelahmencapaiketuntasanbelajar.Halinimenunjukkanpening-katanhasilbelajardarisiklusIkesiklusIIsebesar45%.Berdasarkanhasilpenelitianinidisimpulkanbahwadenganmenggunakanmediagambarserisiswalebihaktifdankreatifdalamkegiatanpembelajaranse-hinggasiswamampumencapaiKriteriaKetuntasanMinimalyangditentukanolehsekolah.Daripenelitianinidapatdisarankanbagiparaguruuntukmenggunakanmediagambarseripadapembelajaranmenulisnarasibagisekolahuntuklebihbe-kerjakerasdalammengembangkanmetodeataupunmodelpembelajarandenganmenggunakanmediayanglebihmenarikagarmutupendidikandiSDNNgaringan02jugadapatmeningkatbagipemerintahagarmenambahmotivasidansaranaprasaranayangmendukungsekolahbagipenelitilainagarmenggunakanmediagambarseriuntukpenelitiannyadalampembelajaranmenulisnarasi.