Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar / Futikah Budiarti
Main Author: | Budiarti, Futikah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103164/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBudiartiFutikah.2010.PeningkatanKeterampilanMenulisNarasimelaluiMediaGambarSeripadaSiswaKelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriNuryatiM.Pd(II)Dr.AlifMudionoM.Pd.KataKuncipeningkatanmenulisnarasimediagambarseriBerdasarkanhasilobservasidiketahuibahwasiswabelummemilikikete-rampilanmenulisnarasidenganbenar.Dalammenulissiswabelumsepenuhnyamenuliskanunsurnarasisecaralengkap.Selainituperistiwayangdituliskantidakruntutsehinggasulitdipahamialurkejadiandalamceritatersebut.Untukmengatasimasalahtersebutdigunakanmediagambarseriuntukmeningkatkanketerampilanmenulisnarasiyangpadapenelitianinibertujuanun-tuk(1)mendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmenulisnarasimelaluimediagambarseripadasiswakelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitardan(2)mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisnarasimelaluimediagambarseripadasiswakelasVSDNNgaringan02KabupatenBlitar.Untukmencapaitujuantersebutpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Rancangantindakandisusundalamsatuansiklusyangterdiridaripe-rencanaantindakanobservasidanrefleksi.Instrumenutamapengumpuldatada-lampenelitianiniadalahpenelitidibantugurukelasVdenganmenggunakanang-ketlembarobservasidandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitianpadasiklusIsiswamampumencapaiketun-tasansebesar44%atauterdapat4siswadari9siswayangmencapaiketuntasanbelajar.PadasiklusIIsiswamampumencapaiketuntasansebesar89%atauter-dapat08siswatelahmencapaiketuntasanbelajar.Halinimenunjukkanpening-katanhasilbelajardarisiklusIkesiklusIIsebesar45%.Berdasarkanhasilpenelitianinidisimpulkanbahwadenganmenggunakanmediagambarserisiswalebihaktifdankreatifdalamkegiatanpembelajaranse-hinggasiswamampumencapaiKriteriaKetuntasanMinimalyangditentukanolehsekolah.Daripenelitianinidapatdisarankanbagiparaguruuntukmenggunakanmediagambarseripadapembelajaranmenulisnarasibagisekolahuntuklebihbe-kerjakerasdalammengembangkanmetodeataupunmodelpembelajarandenganmenggunakanmediayanglebihmenarikagarmutupendidikandiSDNNgaringan02jugadapatmeningkatbagipemerintahagarmenambahmotivasidansaranaprasaranayangmendukungsekolahbagipenelitilainagarmenggunakanmediagambarseriuntukpenelitiannyadalampembelajaranmenulisnarasi.