Peningkatan pemahaman konsep bangun datar layang-layang melalui metode penemuan terbimbing (guide discovery) siswa kelas V SDN Sentul 4 Blitar / Shinta Halimatus Sa'diyah

Main Author: Sa'diyah, Shinta Halimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103144/
Daftar Isi:
  • AbstrakDalampembelajaranbangungeometritidakterlepasdaribangundatar.Bangundatarinidibedakanmenjadibeberapakategoridiantaranyapersegipersegipanjangsegitigajajargenjangtrapesiumbelahketupatdanlayang-layang.Pembelajaranbangundatarkebanyakansiswamengalamikesulitandalammencariluassuatubangun.Kesulitantersebutdisebabkankarenagurumengharuskanpadasiswauntukmenghafalkanrumussajatanpamemberikankesempatanpadasiswasaatkegiatanpembelajaranuntukmengetahuikonsep-konsepdasardanbagaimanacaramencaridanmenentukanrumusluasbanguntersebut.Untukituperlupengembangandanpenggunaanmetodepembelajaranmatematikayangsesuaidengankarakteristiksiswadimanasiswadiajarkansecaralangsungbagaimanacaramenemukanrumussuatubangundatarsehinggasiswatidakmudahlupa.SesuaidengankesulitanyangdialamiolehsiswadankarakteristiksiswamakametodepembelajaranyangcocokmenggunakanpendekatanPenemuanTerbimbing(Discovery).KataKunciBangunDatarLayang-LayangMetodePenemuanTerbimbing(GuideDiscovery).