Penerapan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa daerah dengan pokok bahasan tembung lan seselan siswa kelas IV SDN Ciptomulyo 2 Malang / Slamet Ponidi

Main Author: Ponidi, Slamet
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103135/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPonidiSlamet.2010.PenerapanTeknikReinforcementuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBahasaDaerahdenganPokokBahasanTembungLanSeselanSiswaKelasIVSDNCiptomulyo2Malang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.SochibM.Pd.(II)Drs.TomasIriyantoM.Pd.Katakuncireinforcementbahasadaerahmotivasibelajarhasilbelajar.TigamasalahpokokpenyebabrendahnyahasilbelajarsiswakelasIVSDNCiptomulyo2MalangdalammempelajaribahasaDaerahadalah(1)terjadinyapergeseranbahasaibu(2)minimnyamediapembelajarandan(3)rendahnyaminatbelajarsiswa.Dampaklebihjauhmunculberbagaiperilakusiswayangtidakadaptifsepertitidakbergairahmenyontekmengganggutemannyausildsb.Salahsatucarauntukmengurangiperilakusiswayangtidakadaptifialahmenggunakanpengukuhanpositifataureinforcement.Tindakanyangdilakukanberupareinforcement(1)sosialsepertipujiansenyumananggukansetujuacunganjempolgerakanjaritelunjukpenepukanpunggungdanbahusiswadsb(2)nyataberupabonuspermennilaidankepulanganlebihawal(3)tandaataulambangberupanilai-nilaidaritesharian.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanteknikreinforcementdalamkerangkameningkatkanmotivasidanhasilbelajar(2)peningkatanmotivasibelajardan(3)peningkatanhasilbelajarBahasaDaerahsiswakelasIVSDNCiptomulyo2KotaMalangsetelahpenerapanteknikreinforcementdalampembelajaranBahasaDaerah.Penelitiandilakukanmelaluidesaintindakankelas.Dalampenelitianinipenelitiberperansebagaifasilitatoryangberupayamenumbuhkanmotivasiinternalbagisubjekyangterlibat.Selamadikancahpenelitimenggunakanpendekatankesejawatanmelaluidiskusidengangurukelas.Pengecekankeabsahandatadigunakantekniktriangulasi.Dengantigasiklustindakandisimpulkan(1)Motivasibelajarsiswamengalamikenaikanyangcukupberarti.Padasikluspertamarata-ratamotivasibelajarsiswaadalah7463%.Padasikluskeduanaikmenjadi8693%.DengandemikianmelaluiteknikreinforcementmotivasisiswatelahtuntasdalampembelajaranBahasaDaerah.(2)Hasilbelajarsiswamengalamikenaikanyangcukupberarti.Padasikluspertamarata-ratahasilbelajarsiswaadalah8233.Padasikluskeduanaikmenjadi8424.Sedangpadasiklusketigarata-ratahasilbelajarsiswatetap8424.TidakadanyaperubahanhasilbelajarantarasiklusIIdansiklusIIIkarenaadakaitanantarakuantitassoal-soalantarakeduasiklus.KendatidemikianhasilbelajarsiswatelahtuntasdalampembelajaranBahasaDaerah.Darikesimpulandiatasdiberikansaran-saran(1)Guruperlumemberikanpengertianpadaparasiswabahwabelajarbukanmelulumencarinilai-nilaiyangbagus.(2)Agarsiswatidakjenuhdiperlukanberbagaivariasidalammemberikanteknikreinforcement.(3)TeknikreinforcementyangtelahdigunakanperludikembangkanpadamateriketrampilanpenulisanhurufJawa.Artinyapenggunaanteknikreinforcementuntukpokokbahasanyanglainperlupenelitianlebihlanjut.(4)AgarkondisipembelajaranyangdisajikanolehguruBahasaDaerahdapatmembuatsiswamerasasenangterhadapmatapelajaranyangdiajarkanperludibuatrencanapembelajaranyangsesuaidengankebutuhansiswa.(5)Penelitiantindakankelasiniperludikembangkanlebihlanjutmelaluitindakanserupadenganteknikreinforcementyangberbeda.(6)Agarhasilyangdiperolehmelaluipenelitianinilebihbermanfaatdanbernilaigandaperludilakukanpenelitianlaindengansasaranyanglebihluas.