Peningkatan hasil belajar operasi penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Bumiayu 01 / Anis Nurdiana Rohmi

Main Author: Rohmi, Anis Nurdiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103124/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRohmiAnisNurdiana.2010.PeningkatanHasilBelajarOperasiPenjumlahanBilanganBulatMelaluiPendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)PadaSiswaKelasVSDNBumiayu01.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah.ProgramStudiSIPendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SunyotoS.PdM.Si(2)Drs.ImamHanafiM.M.KatakuncihasilbelajarpendekatanCTLbilanganbulatHasilwawancaradengangurukelasVdanobservasipendahuluansebelummelaksanakanpenelitianinimemberikaninformasibahwahasilbelajarmatematikasiswakelasVSDNBumiayu01kurangdarirata-ratakarenametodepembelajaranyangdigunakanmonotondanpembelajaranberpusatpadaguru.Guruhanyamenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran.Dalampendidikanmatematikadiharapkanprosespembelajarannyalebihmenekankanpadapemberianpengalamansecaralangsungagarkompetensisiswadapatberkembangdandapatmemahamikonsep.KarenaitudiperlukanperubahanpembelajarandalambentukPenelitianTindakanKelas(PTK)denganjudulPeningkatanHasilBelajarOperasiPenjumlahanBilanganBulatmelaluiPendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)PadaSiswaKelasVSDNBumiayu01.PendekatanpembelajaranyangdigunakanadalahpendekatanCTL.Denganpendekataninisiswaakandapatmengurangiketergantungankepadagurudalammemecahkanmasalahmelatihsiswauntukbersosialisasimelatihsiswadalammenemukankonsepsendirimelaluipercobaan.RumusanmasalahdalamPTKiniadalahbagaimanapenerapanpendekatanCTLpadaoperasipenjumlahanbilanganbulatdanbagaimanahasilbelajarsiswapadaoperasipenjumlahanbilanganbulatdenganmenggunakanpendekatanCTL.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajaroperasipenjumlahanbilanganbulatmelaluipendekatanCTLpadasiswakelasVSDNBumiayu01.Berdasarkanhasilanalisisterhadapdatayangdiperolehdanpembahasandarihasilrefleksisertatemuan-temuanyangadadiperolehsuatukesimpulanyangdigunakansebagaiacuanpelaksanaantindakanselanjutnya.PenerapanpendekatanCTLmembawapengaruhpositifterhadapkualitasbelajarsiswa.PenerapanpendekatanCTLdapatmeningkatkanhasilbelajardankualitasprosessiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadapratindakanketuntasanbelajarmencapai1764%dansiklusImeningkatmenjadi7058%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8823%.HalinimenunjukkanpeningkatanhasilbelajardaripratindakankesiklusIsebesar5294%sedangkandarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar1765%.AktivitassiswadarisiklusIkesiklusIIjugameningkatdari7035%menjadi7664%.Halinimenunjukkanpeningkatanaktivitassiswasebesar629%.Saranyangdisampaikandalampenelitianiniadalahagarpembelajaranmatematikayangkontekstualdapatdiimplementasikandenganbaiksebaiknyapadaawalpembelajarangurumemulaidenganmengkondisikansiswauntukmengaitkanpengetahuanawalyangdimilikisiswadengankonsepyangakandipelajarisehinggakonsepbaruakantertanampadadirisiswa.