Peningkatan hasil belajar operasi penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Bumiayu 01 / Anis Nurdiana Rohmi
Main Author: | Rohmi, Anis Nurdiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103124/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRohmiAnisNurdiana.2010.PeningkatanHasilBelajarOperasiPenjumlahanBilanganBulatMelaluiPendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)PadaSiswaKelasVSDNBumiayu01.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah.ProgramStudiSIPendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SunyotoS.PdM.Si(2)Drs.ImamHanafiM.M.KatakuncihasilbelajarpendekatanCTLbilanganbulatHasilwawancaradengangurukelasVdanobservasipendahuluansebelummelaksanakanpenelitianinimemberikaninformasibahwahasilbelajarmatematikasiswakelasVSDNBumiayu01kurangdarirata-ratakarenametodepembelajaranyangdigunakanmonotondanpembelajaranberpusatpadaguru.Guruhanyamenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran.Dalampendidikanmatematikadiharapkanprosespembelajarannyalebihmenekankanpadapemberianpengalamansecaralangsungagarkompetensisiswadapatberkembangdandapatmemahamikonsep.KarenaitudiperlukanperubahanpembelajarandalambentukPenelitianTindakanKelas(PTK)denganjudulPeningkatanHasilBelajarOperasiPenjumlahanBilanganBulatmelaluiPendekatanCTL(ContextualTeachingandLearning)PadaSiswaKelasVSDNBumiayu01.PendekatanpembelajaranyangdigunakanadalahpendekatanCTL.Denganpendekataninisiswaakandapatmengurangiketergantungankepadagurudalammemecahkanmasalahmelatihsiswauntukbersosialisasimelatihsiswadalammenemukankonsepsendirimelaluipercobaan.RumusanmasalahdalamPTKiniadalahbagaimanapenerapanpendekatanCTLpadaoperasipenjumlahanbilanganbulatdanbagaimanahasilbelajarsiswapadaoperasipenjumlahanbilanganbulatdenganmenggunakanpendekatanCTL.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajaroperasipenjumlahanbilanganbulatmelaluipendekatanCTLpadasiswakelasVSDNBumiayu01.Berdasarkanhasilanalisisterhadapdatayangdiperolehdanpembahasandarihasilrefleksisertatemuan-temuanyangadadiperolehsuatukesimpulanyangdigunakansebagaiacuanpelaksanaantindakanselanjutnya.PenerapanpendekatanCTLmembawapengaruhpositifterhadapkualitasbelajarsiswa.PenerapanpendekatanCTLdapatmeningkatkanhasilbelajardankualitasprosessiswa.Halinidibuktikandenganpeningkatanhasilbelajarsiswapadapratindakanketuntasanbelajarmencapai1764%dansiklusImeningkatmenjadi7058%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8823%.HalinimenunjukkanpeningkatanhasilbelajardaripratindakankesiklusIsebesar5294%sedangkandarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar1765%.AktivitassiswadarisiklusIkesiklusIIjugameningkatdari7035%menjadi7664%.Halinimenunjukkanpeningkatanaktivitassiswasebesar629%.Saranyangdisampaikandalampenelitianiniadalahagarpembelajaranmatematikayangkontekstualdapatdiimplementasikandenganbaiksebaiknyapadaawalpembelajarangurumemulaidenganmengkondisikansiswauntukmengaitkanpengetahuanawalyangdimilikisiswadengankonsepyangakandipelajarisehinggakonsepbaruakantertanampadadirisiswa.