Developing a prototype of computer-based supplementry reading materials for the eighth graders of secondary school / Rindi Nuris Velarosdela
Main Author: | Velarosdela, Rindi Nuris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10311/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKVelarosdelaR.N.2016.PengembanganMateriTambahanMembacaBerbasisKomputeruntukSiswaKelasVIIISekolahMenengahPertama.SkripsiSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriAndreaniM.Ed.(2)Prof.UtamiWidiatiM.A.Ph.D.KataKunciberbasiskomputermateritambahanmembacaBerdasarkankurikulum2013siswakelasVIIIharusmenguasai3jenisteksyaitudeskripsirecountdannarrative.TetapitujuantersebutsulituntukdicapaikarenaterbatasnyawaktudalampengajaranBahasaInggrisdisekolahdankurangtersedianyamateribacaanuntukpesertadidik.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmateritambahanmembacaberbasiskomputeruntuksiswakelasVIIISekolahMenengahPertama.Produkinidiharapkandapatmenjadimateritambahanmembacabagisiswadiluarkelasdanmemotivasimerekauntukmembaca.PenelitianinimengadaptasimodelpenelitiandanpengembangandariBorgdanGall(2003)menjadi6langkahyaitu(1)peninjauankebutuhan(2)pengembanganproduk(3)Validasiahli(4)revisi(5)ujicobadan(6)produkakhir.ProdukinidibagikanpadasiswamenggunakanflashdiskatauCD.Produkinitelahdirevisiberdasarkanhasilvalidasimencakuptampilandesaindankonten.ProdukakhirberupamateriberbasiskomputerbernamaReadingisFun.ProdukinidapatdijalankandisemuakomputeryangmemilikiaplikasiFlashPlayertanpamembutuhkankoneksiinternet.Produkakhirterdiriataspenjelasanumumtentangproduk6teks2videodan6latihansoal.Penjelasansecaraumumtentangprodukmencakupkontenpetunjukpenggunaanprodukdansumberkontendiakhirproduk.Produkinimengaplikasikantemapemburuanhartakarundengantigamisidimanamisipertamatentangteksdeskripsimisikeduatentangrecountdanmisiketigatentangnarrative.Produkinimengaplikasikanpop-upglossaryuntukmemudahkanpesertadidikmemahamikata-katadalamteks.Terdapatduavideodalamteksdeskripsiyangbertujuanuntukmengeksplorasipengetahuanpesertadidiktentangteks.Latihansoaldalamprodukiniberupapilihangandatruefalsedansatupertanyaanpengayaandiakhirsoal.LatihansoaldalamprodukinidibuatmenggunakanI-springsuited8yangmemudahkanpesertadidikuntukmelihatkuncijawabanmelihatnilaimerekadanmencetakhasilmereka.Diakhirpermainansiswaakanmendapatkan3hartakarun.HasilujicobapadapesertadidikmenunjukkanbahwaprodukinidapatdigunakansebagaimateritambahanmembacauntukpesertadidikkelasVIII.Kontendalamproduktelahsesuaidengankurikulumtampilandandesainproduktelahsesuaidengankarakteristiksiswadankontendalamprodukdapatmenarikperhatiansiswauntukmembaca.Produkinidapatdigunakansebagaimateritambahanmembacapesertadidikdiluarkelas.Dapatdisimpulkanbahwaterdapatduaaspekyangperludiperhatikanuntukmengembangkanmateritambahanberbasiskomputeryaitukesesuaiankontendankemenarikanprodukuntukpesertadidik.8195ProdukinidiharapkandapatdigunakanolehguruBahasaInggrissebagaimateritambahanmembacabagipesertadidikdiluarkelasuntukmendukungpembelajaranmandiripesertadidik.SelainituuntukpenelitiyangtertarikuntukmengembangkanmateritambahanmembacaberbasiskomputeruntukpesertadidikSekolahMengengahPertamadiharapkandapatmengembangkanprodukdenganteksdanlatihansoalyanglebihbervariasisertamenerapkananimasidanilustrasiyanglebihmenarikuntukpesertadidik.