Penerapan pendekatan keterampilan proses (PKP) untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep sifat benda cair, padat dan gas siswa kelas IV SDN Bareng V Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Jefri Rumodar

Main Author: Rumodar, Jefri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103102/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRumodarJefri.2009.PenerapanPendekatanKeterampilanProses(PKP)UntukmeningkatkanHasilBelajarIPAKonsepSifat-SifatBendaCairSiswaKelasIVSDNBarengVKecamatanKlojenkotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.HjSukamtiM.Pd(II)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KataKunciHasilbelajarPKPsifatbendacairpadatdangasPenelitianinidilatarbelakangiolehkenyataanbahwanilaiulanganhariankurangdaristandarketuntasanindividumaupunklasikalpembelajarancenderungberpusatkepadagurudanmetodepembelajaranmasihbersifatinformatif.Sebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaperluadanyapenerapanpendekatanpembelajaranyanginovatif.Salahsatunyaadalahpendekatanketerampilanproses.KarenaPKPdapatmengembangkanketerampilan-keterampilanmemprosesperolehansehinggaanakakanmampumenemukandanmengembangkansikapdannilaisecaramaksimal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanpendekatanketerampilanprosesdalampembelajaranIPAkonsepsifatbendadikelasIVsemesterISDNBarengVKecamatankotaMalang(2)mendeskripsikanhasilbelajarrsiswakelasIVSDNBarengVKecamatanKlojenKotaMalangdalampembelajaranIPAkonsepsifatbendamelaluipenerapanpendekatanketerampilanprosesRancanaganpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatandiskriptifkualitatif.Penelitiandilakukanmelaluitigasiklus.Masing-masingsiklusmeliputitahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNBarengVdenganjumlahsiswa22yangterdiridari13perempuandan9laki-laki.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaratesdandokumentasi.HasilpenelitiandarisiklusIsiklusIIdansiklusIIImenunjukkanbahwapembelajarandenganpendekatanketerampilanprosesmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIhasilbelajarsiswamemilikinilairata-ratasebesar563denganketuntasanbelajar50%siklusIImemilikinilairata-ratasebesar64denganketuntasanbelajar545%danpadasiklusIIImemilikinilairata-ratasebesar80.2denganketuntasanbelajar95%.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwapenerapanpendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNBarengV.Olehkarenaitudisarankanhendaknyagurulebihbanyakmemberikanmotivasidanperhatiankepadasiswamelaluimetodeyangbervariasidaninovatif.Salahsatunyapendekatanketerampilanproses(PKP).