Penerapan pendekatan keterampilan proses (PKP) untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep sifat benda cair, padat dan gas siswa kelas IV SDN Bareng V Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Jefri Rumodar
Main Author: | Rumodar, Jefri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103102/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRumodarJefri.2009.PenerapanPendekatanKeterampilanProses(PKP)UntukmeningkatkanHasilBelajarIPAKonsepSifat-SifatBendaCairSiswaKelasIVSDNBarengVKecamatanKlojenkotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.HjSukamtiM.Pd(II)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KataKunciHasilbelajarPKPsifatbendacairpadatdangasPenelitianinidilatarbelakangiolehkenyataanbahwanilaiulanganhariankurangdaristandarketuntasanindividumaupunklasikalpembelajarancenderungberpusatkepadagurudanmetodepembelajaranmasihbersifatinformatif.Sebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaperluadanyapenerapanpendekatanpembelajaranyanginovatif.Salahsatunyaadalahpendekatanketerampilanproses.KarenaPKPdapatmengembangkanketerampilan-keterampilanmemprosesperolehansehinggaanakakanmampumenemukandanmengembangkansikapdannilaisecaramaksimal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanpendekatanketerampilanprosesdalampembelajaranIPAkonsepsifatbendadikelasIVsemesterISDNBarengVKecamatankotaMalang(2)mendeskripsikanhasilbelajarrsiswakelasIVSDNBarengVKecamatanKlojenKotaMalangdalampembelajaranIPAkonsepsifatbendamelaluipenerapanpendekatanketerampilanprosesRancanaganpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatandiskriptifkualitatif.Penelitiandilakukanmelaluitigasiklus.Masing-masingsiklusmeliputitahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNBarengVdenganjumlahsiswa22yangterdiridari13perempuandan9laki-laki.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaratesdandokumentasi.HasilpenelitiandarisiklusIsiklusIIdansiklusIIImenunjukkanbahwapembelajarandenganpendekatanketerampilanprosesmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIhasilbelajarsiswamemilikinilairata-ratasebesar563denganketuntasanbelajar50%siklusIImemilikinilairata-ratasebesar64denganketuntasanbelajar545%danpadasiklusIIImemilikinilairata-ratasebesar80.2denganketuntasanbelajar95%.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwapenerapanpendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNBarengV.Olehkarenaitudisarankanhendaknyagurulebihbanyakmemberikanmotivasidanperhatiankepadasiswamelaluimetodeyangbervariasidaninovatif.Salahsatunyapendekatanketerampilanproses(PKP).