Penerapan metode mendongeng untuk meningkatkan proses dan hasil belajar PKN materi pokok hidup gotong royong siswa kelas II SDN Karangbesuki 1 Malang / Alfi Lailatin

Main Author: Lailatin, Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103090/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLailatinAlfi.2009.PenerapanMetodeMendongenguntukMeningkatkanProsesdanHasilBelajarPknMateriPokokHidupGotongRoyongSiswaKelasIISDNKarangbesuki1Malang.Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasar.JurusanKependidikanSekolahDasarDanPrasekolahFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.SutarnoM.Pd(2)Drs.ImamNawawiM.SiKatakuncimetodemendongengprosesbelajarhasilbelajarPKnSDRendahnyanilaiprosesdanhasilbelajarPKnmateripokokgotongroyongsiswakelasIIdaripemerolehandataobservasiawalpenelitimenjadimasalahyangperludikajipenyebabdanmenemukansolusiuntukmengatasinya.SalahsatukarakteristiksiswakelasIIadalahsukamendengarkandongeng.Sehinggahaltersebutperludiujicobakanpenerapannya.Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah.(1)BagaimanaprosesbelajarPKnyangdilakukangurudenganmenerapkanmetodemendongengdalammembelajarkanpokokbahasangotongroyongsiswakelasIISDNKarangbesuki1Malang(2)ApakahpenggunaanmetodepembelajaranmendongengdapatmeningkatkanprosesbelajarPKnsiswakelasIISDNKarangbesuki1Malang(3)ApakahpenggunaanmetodepembelajaranmendongengdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelasIISDNKarangbesuki1MalangRancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdenganmodelpenelitiantindakankelas(PTK).LangkahPTKinimeliputi2sikluspadasiklusIdilaksanakanselamaduaharisedangkanpadasiklusIIdilaksanakanselamasatuhari.SubjekpenelitianSubyekpenelitiandibatasipadasiswakelasIISDNKaraangbesuki1MalangMalangyangberjumlah45siswa.Instrumenyangdigunakanadalahobservasidokumentasidanwawancara.Sedangkanevaluasiyangdilakukanterfokuspadaprosesdanhasildenganmenggunakantekniktesdannontes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodemendongengdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIISDNKarangbesuki1Malang.Halinidapatdilihatpadahasilbelajaryangmeningkattajamdarirata-ratasebelumnya5666padapretes7444padasiklusIdanmeningkat8507padasiklusII.Sedangkanuntuknilaiprosesindividu698padasiklusImeningkat8356padasiklusIIdannilaiproseskelompok73padasiklusImeningkat8022padasiklusII.PadasiklusIIketuntasanbelajarmencapaidiatas75%sehinggasiklusdihentikan.SehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodemendongengdapatmeningkatkanhasildanprosespembelajaranPKn.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankankepadagurukhususnyagurukelasIIbahwadalammembelajarkanPKnyanghakikatnyaadalahpembelajaranyangberlandaskanpadanilaiguruhendaknyadapatmemilihmetodepembelajarnyangsesuaidengankarakteristiksiswamateripembelajarandantujuanyangtelahdirencanakan.Sehinggapadaakhirnyadiharapkanpembelajaranyangberlangsungdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarpuncaknyaadalahdapatmemfasilitasisiswamenjadimanusiayangdewasa.