Peningkatan pemahaman nilai moral melalui pembelajaran PKN berbasis VCT (Value Clarification Technique) pada siswa kelas III SDN Sukorejo 2 Kota Blitar / Lilik Nurkholidah

Main Author: Nurkholidah, Lilik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103085/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurkholidahLilik.2009.PeningkatanPemahamanNilaiMoralMelaluiPembelajaranPKNBerbasisVCT(ValueClarificationTechnique)padaSiswaKelasIIISDNSukorejo2KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolah.ProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Widayati(II)Drs.SunyotoS.Pd.M.Si.KatakunciPKnVCT(ValueClarificationTechnique)MeningkatkanPemahamanNilaiMoral.PembelajaranPKnmerupakanmatapelajaranyanglebihidentikdenganpembentukansikapdannilaimoral.Tidaksemuamodelpembelajarandapatditerapkandalampembentukansikapdannilaimoral.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakandalampembentukansikapdannilaimoralValueClarificationTechnique(VCT)yaitutehnikmengklasifikasikannilai(TMN).VCTmerupakansuatumodelpendekatansaranabelajarmengajarkhususuntukpendidikannilaidanmoralataupendidikanafektif.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranberbasisVCTdenganpermainankotakajaibdalampelajaranPKndapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswaKelasIIISDNSukorejo2Kec.SukorejoKotaBlitar(2)untukmengetahuipeningkatanpemahamannilaimoralsiswaKelasIIISDNSukorejo2Kec.SukorejoKotaBlitardenganpenerapanmodelpembelajaranberbasisVCTdenganpermainankotakajaibdalampelajaranPKn.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdenganPenelitinTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Instrumenyangdigunakanadalah(a)observasi(b)angket(c)pedomanwawancara(d)tes.HasilpenelitiinimenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajaranberbasisVCT(ValueClarificationTechnique)dapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswayaitudarirerataskor57dengandayaserapklasikal118%padapratindakandansetelahdiadakansiklus1reratameningkatmenjadi62dandengandayaserapklasikal352%.Jumlahtersebutmengalamipeningkatanlagidarisiklus2yaiturerata68dandengandayaserapklasikal706%.Kesimpulan(1)penggunaanmodelpembelajaranVCTdapatmeningkatkanpemahamannilaimoralsiswamatapelajaranPKnKelasIIISDNSukorejo2KotaBlitar(2)PeningkatanpemahamannilaimoralpadapembelajaranPKndiperolehdaripenilaianprosespembelajarandanhasiltesevaluasi.