Pemanfaatan media pembelajaran benda konkrit untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III SD Islam Nurul Karomah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Suhartatik

Main Author: Suhartatik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/103047/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuhartatik2009.PemanfaatanMediaPembelajaranBendaKonkrituntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaPokokBahasanPecahanSiswaKelasIIISDIslamNurulKaromahKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dra.PurwendartiM.Pd(2)Dra.Hj.EndangSetyoWinarniM.PdKataKunciBendakonkritmeningkatkanhasilbelajarMatematikasalahsatufaktorpendukungperkembanganilmupengetahuandantekonologi.Rendahnyahasilbelajarmatematikasalahsatupenyebabnyakarenadayatariksiswaterhadapmatapelajaranmatematikamasihkurang.Anggapanyangterjadipadakehidupanmasyarakatmatematikamerupakanmatapelajaranyangsangatsulitdanmembingungkanterutamadalammenyelesaikansoal-soalyangberhubungandenganpecahan.Penelitiberasumsibahwadenganmenggunakanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)hasilbelajarmatematikaSDIslamNurulKaromahsebelumdigunakanmediapembelajaranbendakonkrit(2)hasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromahsetelahdigunakanmediapembelajaranbendakonkrit(3)pemanfaatanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromah.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIIISDIslamNurulKaromahKecamatanRejosoKabupatenPasuruansebanyak31siswa.PenelitianinimenggunakanrancanganPTKterdiridari2siklus.Instrumentyangdigunakanadalahtesdanlembarobservasi.Teknikanalisisyangdipakairata-ratadanprosentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemanfaatanmediapembelajaranbendakonkrituntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromah.Peningkatanprestasibelajarsiswaditunjukkandaripratindakanmendapat595%denganketuntasanbelajar258%menjadi701denganketuntasanbelajar50%padaSiklusI.KemudianmengalamipeningkatanyangsignifikanlagipadaSiklusIImenjadi864.meskipunterdapat3siswa(96%)yangtidakmencapaiketuntasanindividunamunketuntasanbelajarkelassudahmencapai903%.Kesimpulanyangdapatdiperolehdarikesimpulanini(1)pemanfaatanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikabilanganpecahansiswakelasIII(2)telahterjadipeningkatanhasilbelajarsiswakelasIIISDIslamNurulKaromahyangditunjukkandarinilairata-rataSiklusIyaitu595%menjadi701%danpadaSiklusIImeningkatmenjadi864%.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)gurudalampembelajaranhendaknyamemilihpembelajaranyangefektifbagisiswadenganmemanfaatkanmediapembelajaranbendakonkritagartujuanpembelajaranmatematikatercapai(2)sekolahhendaknyamengembangkanpenelitianinipadakelas-kelaslaindiSDIslamNurulKaromahsecaraberkesinambungan(3)untukgurumatapelajaranlainyangmemilikikarakteristikmateriyanghampirsamadenganmatematikamisalnyaIPAyangmencobamelakukanpenelitiantindakaninisebagaiupayapeningkatanhasilbelajarpadamatapelajaranyangbersangkutan.