Pemanfaatan media pembelajaran benda konkrit untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III SD Islam Nurul Karomah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Suhartatik
Main Author: | Suhartatik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103047/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuhartatik2009.PemanfaatanMediaPembelajaranBendaKonkrituntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaPokokBahasanPecahanSiswaKelasIIISDIslamNurulKaromahKecamatanRejosoKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dra.PurwendartiM.Pd(2)Dra.Hj.EndangSetyoWinarniM.PdKataKunciBendakonkritmeningkatkanhasilbelajarMatematikasalahsatufaktorpendukungperkembanganilmupengetahuandantekonologi.Rendahnyahasilbelajarmatematikasalahsatupenyebabnyakarenadayatariksiswaterhadapmatapelajaranmatematikamasihkurang.Anggapanyangterjadipadakehidupanmasyarakatmatematikamerupakanmatapelajaranyangsangatsulitdanmembingungkanterutamadalammenyelesaikansoal-soalyangberhubungandenganpecahan.Penelitiberasumsibahwadenganmenggunakanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)hasilbelajarmatematikaSDIslamNurulKaromahsebelumdigunakanmediapembelajaranbendakonkrit(2)hasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromahsetelahdigunakanmediapembelajaranbendakonkrit(3)pemanfaatanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromah.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIIISDIslamNurulKaromahKecamatanRejosoKabupatenPasuruansebanyak31siswa.PenelitianinimenggunakanrancanganPTKterdiridari2siklus.Instrumentyangdigunakanadalahtesdanlembarobservasi.Teknikanalisisyangdipakairata-ratadanprosentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemanfaatanmediapembelajaranbendakonkrituntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasIIISDIslamNurulKaromah.Peningkatanprestasibelajarsiswaditunjukkandaripratindakanmendapat595%denganketuntasanbelajar258%menjadi701denganketuntasanbelajar50%padaSiklusI.KemudianmengalamipeningkatanyangsignifikanlagipadaSiklusIImenjadi864.meskipunterdapat3siswa(96%)yangtidakmencapaiketuntasanindividunamunketuntasanbelajarkelassudahmencapai903%.Kesimpulanyangdapatdiperolehdarikesimpulanini(1)pemanfaatanmediapembelajaranbendakonkritdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikabilanganpecahansiswakelasIII(2)telahterjadipeningkatanhasilbelajarsiswakelasIIISDIslamNurulKaromahyangditunjukkandarinilairata-rataSiklusIyaitu595%menjadi701%danpadaSiklusIImeningkatmenjadi864%.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)gurudalampembelajaranhendaknyamemilihpembelajaranyangefektifbagisiswadenganmemanfaatkanmediapembelajaranbendakonkritagartujuanpembelajaranmatematikatercapai(2)sekolahhendaknyamengembangkanpenelitianinipadakelas-kelaslaindiSDIslamNurulKaromahsecaraberkesinambungan(3)untukgurumatapelajaranlainyangmemilikikarakteristikmateriyanghampirsamadenganmatematikamisalnyaIPAyangmencobamelakukanpenelitiantindakaninisebagaiupayapeningkatanhasilbelajarpadamatapelajaranyangbersangkutan.