Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Selotambak Kraton Pasuruan / Khoirun Nisak
Main Author: | Nisak, Khoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103025/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisakKhoirun.2009.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesUntukMeningkatkanHasilBelajarIPASiswaKelasIVSDNSelotambakKratonPasuruan.Skripsi.ProgramStudiS1PGSDJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.Moch.SochibM.Pd(II)Drs.HeruAgusTriWidjajaM.Pd.KataKunciPendekatanKeterampilanProsesHasilBelajarIPA.IlmuPengetahuanAlam(IPA)adalahsuatukumpulanpengetahuanyangdiperolehdenganmetode-metodeyangberdasarkanobservasi.IPAdiSekolahDasarberhubungandengancaramencaritahutentangalamsecarasistematissehinggaIPAbukanhanyapenguasaankumpulanpengetahuanyangberupafakta-faktakonsep-konsepsajatetepijugamerupakansuatuprosespenemuan.PendekatanKeterampilanProsesbertujuanmengembangkankemampuanfisikmentaldansosialsebagaipenggerakkemampuanyanglebihtinngi.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpendekatanketerampilanprosespadapembelajaranIPAkelasIVSNSelotambak(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarIPAsiswadenganmenerapkanpendekatanketerampilanproses(3)Mendeskripsikanaktivitassiswaselamapenerapanpendekatanketerampilanproses.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanMcTaggartmelaluiduasiklus(siklusIdansiklusII).FokusdaripenelitianiniadalahpeningkatanhasilbelajardenganmenerapkanpendekatanketermpilanprosesdikelasIVSDNSelotambakKratonPasuruan.SubjekpenelitiantindakanadalahsiswakelasIVyangberjumlah38siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitupemberiansoaltespengamatandanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)PendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkankemampuangurudalampembelajaranIPA(2)AdanyapeningkatanhasilbelajarIPA.Dimanaperolehanreratapretes384siklusImenjadi550danmeningkatmenjadi647padasiklusII(3)AdanyapeningkatanaktivitassiswasetelahmenerapkanpendekatanketerampilanprosesterlihatdariperolehanreratasiklusI607dansiklusII687.Kesimpulandaripenelitianiniadalahbahwa(1)PendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkankemampuangurudalampembelajaranIPAdikelasIV(2)PenrerapanpendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkanhasilbelajarIPA(3)Penerapanpendekatanketerampilanprosesdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.