Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Mulyorejo Kec. Kraton Kab. Pasuruan / Sri Endah Wahyuningsih
Main Author: | Wahyuningsih, Sri Endah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103020/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyuningsihSriEndah.2009.PemanfaatanLingkunganSebagaiSumberBelajarUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasIVpadaMataPelajaranIPSdiSDNMulyorejoKecamatanKratonKabupatenPasuruan.Skripsi.ProgramStudiS1PGSDJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HAhmadSamawiMHum(II)Drs.TohaMashudiS.PdM.PdKataKunciPemanfaatanlingkungansumberbelajarIPSIlmuPendidikanSosial(IPS)adalahBidangstudiyangmempelajarimenelaahmenganalisisgejaladanmasalahsosialdimasyarakatdenganmeninjauDariberbagaiaspekkehidupanatauperpaduan.Sumberbelajaradalahsegalasumberpesanmanusialingkungandanteknikyangdapatdigunakanolehsiswabaiksendirimaupunbersama-samauntukmembantubelajar.Tujuandalampenelitianadalah(1)UntukmengetahuipemanfaatanlingkungansekolahdapatmeningkatkankeaktifansiswadalampembelajaranIPS(2)UntukmengetahuipemanfaatanlingkungansekolahdapatmeningkatkanhasilbelajarIPS.RncanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)modelKemmisdanMcTaggartmelaluiduasiklus(sklusIdansiklusII).FokusdaripenelitianiniadalahmeningkatkankeaktifandanhasilbelajardenganmemanfaatkanlingkungansebaisumberbelajarsiswakelasIVpadamatapelajaranIPSdiSDNMulyorejoKecamatanKratonKabupatenPasuruan.SubyekpenelitiantindakanadalahsiswakelasIVyangberjumlah27siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitupemberiansoaltespengamatandanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakualitatif.Hsilpenelitianmenunjukkan(1)PemanfaatanLingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkankeaktifanbelajarIPSsiswakelasIV(2)PemanfaatanLingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkanhasilbelajarIPSkelasIV.Hasilyangdiperolehpadasaatpretes(pratindakan)adalahmenunjukkanskorrata-rata54.SkorinimeningatpadasiklusImenjadi6592danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi70.Kesimpulandaripenelitianiniadalahbahwa(1)Denganmemanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa(2)Denganmemanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.