The classroom management by an English teacher at the third grade of International Laboratory Primary School State University of Malang / Hendra Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/10291/
Daftar Isi:
  • KataKunciclassroommanagementinternationalprimaryschoolPengelolaankelasadalahistilahyangdigunakanolehguruuntukmenciptakandanmemeliharakondisibelajaryangoptimaldansuasanayangmenyenangkanuntukmencapaitujuanpembelajaran.Pengelolaankelasdapatdapatjugadiartikansebagaipengaturaninstruksiyangmeliputimembukapelajaranmenutuppelajaranmengajukanpertanyaandanmemberikanpenguatan.Penegelolaankelaspadapenelitianiniberfokuspadamembukapembelajaranmenutuppelajaranmengajukanpertanyaandanmemberikanpenguatan.PenelitianinibertujuanuntukmenggambarkanpengelolaankelasyangdilakukanolehseoranggurubahasaInggrisdikelastiga(ProgramInternasionalKurikulumKelas)SekolahDasarInternasionalLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangterletakdiJlnBogorMalangJawaTimur.Desainpenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahgurubahasaInggrisdariSekolahDasarInternasionalLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahbentukobservasicatatanlapangandanpedomanwawancara.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwagurumengelolainstruksikelas.Pengelolaankelasitumeliputimembukapelajaranmenutuppelajaranmengajukanpertanyaandanmemberikanpenguatan.Daripengamatanyangdilakukandalamlimakaligurubelummenggunakanketerampilanmembukakelasmenutupkelasmengajukanpertanyaandanmembrikanpenguatansecaraoptimalbagaimanapunjugaseorangguruharuslebihkreatifdalammengajar.BerdasarkanhasilpenelitianiniadabeberapasaranuntukgurubahasaInggrisdanpenelitiberikutnya.BagigurubahasaInggrisdiaharusmencobauntukmenggunakanketerampilanlebihuntukmembukapelajaranmenutuppelajaranmengajukanpertanyaandanmemberikanpenguatan.DanbagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengetahuikemampuanguruyanglebihuntukmengelolakelasdalammengajarbahasaInggrisdiSekolahDasar.