Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Pelayanan Referensi di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Safrilia Hilda Rosyida

Main Author: Rosyida, Safrilia Hilda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10272/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafriliaHildaRosyida2016.PengembanganProsedurOperasionalBaku(POB)PelayananReferensidiPerpustakaanPoliteknikNegeriMalang.SkripsiProdiS1PerpustakaanJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MartutikM.Pd.(II)SetiawanS.SosM.IP.KataKunciPerpustakaanPoliteknikNegeriMalangPOBPerpustakaanPelayananReferensi.PedomanOperasionalBaku(POB)sangatpentingdalammenjalankankegiatandiperpustakaanterutamapadakegiatanpelayananreferensi.HalinidikarenakanPOBberperandalampenjaminanmutuprosesdanhasilpelayananpadaruangreferensi.POBdisiniberperansebagaipanduansekaligussebagaiaturanpelaksanaankegiatanyangadapadapelayanandiruangreferensi.TujuanakhirpenelitianiniuntukmenghasilkanPOBpelayananreferensidiperpustakaanPoliteknikNegeriMalangyangefektifdanefisian.Penelitianpenggembanganinimenggunakanaspekisibahasastrukturdantampilansebagaispesifikasiproduk.PengembanganPOBkegiatanpelayananreferensiinisangatlahpenting.HalinidisebabkankarenabelumadanyaPOBmengenaipelayananreferensidiperpustakaanPoliteknikNgeriMalang.Ketikaterjadipermasalahandalamkegiatanreferensimakabelumadanyapetunjukyangdisepakaibersamasehinggaseringterjadikesalahanprosedur.KegiatanpelayananrefreensimelibatkanpustakawandenganlatarbelakangpendidikanD3Perpustakaan.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianADDIEyangtelahdisesuaikandengankondisilapangan.Secaraprosedurterbagiataslimatahapanyaknianalisisdesainpengembanganimplementasievaluasi.PasatahapananalisiskegiatanyangdilakukanadalahmelakukananalisiskebutuhanPOBpelayananreferensidimanapenelitimelakukanwawancarakepadapustakawanyangbertugaspadabagianini.TahapanselanjutnyaadalahdesaindimanapadatahapiniterdiridarimerumuskantujuanpembuatanPOBmemilihprodukPOBdanmerancangPOB.Tahapselanjutnyaadalahpengembanganpadatahapiniprodukyangtelahdibuatdikembangkandenganmelakukanujimateri.Ujimateriinidilakukankepadaduaorangahlimateridanduaorangpraktisi.AhlimateriinimelibatkanpustakawanahliyangbertugassebagaikaurreferensidiperpustakaanUniversitasNegeriMalangdanseorangpustakawandiperpustakaanPOliteknikNegeriMalangyangberkualifikasiS2IlmuPerpustakaan.PadaujipraktisimelibatkanduaorangpustakawanpelayananreferensidiperpustakaanPoliteknikNegeriMalangdengankualifikasipendidikanD3ilmuperpustakaan.Jenisdatayangdidapatkanberupadatakualitatifdarianalisiskebutuhandandatakuantitatifdaritahapanujiahlidanujicoba.Instrumentyangdigunakanberupapedomanwawancarapedomanobservasiangketdandokumentasi.Analisisdatakualitatifmenggunakanprosedurreduksidatapenyajiandatadanverifikasidatasedangkanuntukdatakuantitatifmenggunakankriteriavalidasi.HasilujiPOBpelayananreferensiolehahlimateripadaaspekisimendapatkanskorrata-rata875%sedangkandaripraktisimendapatkanskorrata-rata9583%.Padaaspekbahasadariahlimateimemberikanskorrata-rata9166%sedangkanpraktisisebesar9583%.Selanjutnyapadaaspekstrukturahlimaterimemberikanskorrata-ratasebesar875%sedangkanpraktisisebesar9583%.Aspekterakhiryakniaspektampilanahlimaterimemberikanskorrata-ratasebesar875%sedangkanpraktisimemberikanskorrata-rata100%.iiiSecarakeseluruhanproduktelahlulusvalidasiprodukmeskipadaaspeksturkturahlimateridanpraktisimemberikanmasukanuntukperbaikanprodukPOBini.Perbaikanyangdimaksudadalahmemperjelasdiagramdenganpenambahanpelakupadasetiaplangkahagarjelassiapayangmelakukankegiatanpadalangkahtersebutyakniantarapustakawandanpemustaka.SaranpemanfaatanprodukPOBpengolahankoleksiiniperlumemperhatikanbeberapahalantaralain(1)penambahanisiprosedurpelayananreferensiyangberbasiskomputeryanglebihterintegrasidenganbagianlainnyadiperpustakaan(2)memanfaatakane-referencedenganmenggunakanskypechattinguntukkomunikasiantarpustakawanmaupunpemustakaagarlebihefisien.