Pemanfaatan media pembelajaran benda kongkrit untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang pesawat sederhana di kelas V SDN Benerwojo Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Susmiati
Main Author: | Susmiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102675/ |
Daftar Isi:
- Gurusebagaipelaksanadanpengembangpembelajaranharusmampumemilihdanmenetapkanberbagaimediapembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarpadasiswa.HasilobservasiawaldiketahuibahwapembelajaranIPAsiswakelasVdiSDNBenerwojoKecamatanKejayanKabupatenPasuruanbelummenggunakanmetodedanmediapembelajaranyangtepatsehinggasebagianbesarsiswabelummampumencapaikriteriaketuntasanbelajarindividuyangditetapkanyaituskor70.HasilbelajaryangdiperolehpadamatapelajaranIPAsemesterItahunajaran2008/2009rata-ratakelasnyahanya62.Berdasarkanhalitumakamediapembelajaranbendakongritdapatdimanfaatkansebagaialternatifdalamprosespembelajarankarenasiswadapatmelihatdanmencobasecaralangsungmediapembelajaransehinggadalamprosespembelajarandapatmenyenangkandanmeningkatkanaktivitassiswa.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalah(1)UntukmendiskripsikanpemanfaatanmediapembelajaranbendakongkritdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNBenerwojoKecamatanKejayanKabupatenPasuruan.(2)UntukmendiskripsikandampakpemanfaatanmediabendakongkritdalampembelajaranIPAterhadapaktivitasbelajarsiswakelasVSDNBenerwojoKecamatanKejayanKabupatenPasuruan.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas(PTK)siklustindakaninidihentikanjikatelahmencapaikriteriaketuntasanbelajarindividudenganskor70.SubyekpenelitianiniadalahgurudansiswakelasVsebanyak18siswadiSDNBenerwojoKecamatanKejayanKabupatenPasuruan.Sedangkaninstrumentpenelitianyangdigunakanberupapanduanobservasimengenaiaktivitassiswadalampembelajaranpemanfaatanmediapembelajaranbendakongritkemampuangurudalampelaksanaanpembelajarandansoal-soaltesuntukmengetahuihasilbelajarsiswadalampembelajaranIPAdenganmemanfaatkanmediapembelajaranbendakongrit.DarihasilanalisisdatapadasiklusIdansiklusIIdalampembelajaranIPAdenganmemanfaatkanmediapembelajaranbendakongkritmenunjukkanbahwa(1)Aktivitassiswadalampembelajaranhanyasebagiankecilsiswayaitu3siswa(166%)yangyangbelummendapatkankriteriabaikdanpadasiklusIImengalamipeningkatansebanyak18siswa(999%)siswasudahmendapatkankriteriabaik.(2)KemampuangurudalamprosespembelajaranpadasiklusImendapatkankriteriacukup(576%)dengankategoriCdanmengalamipeningkatanpadasiklusIIdenganmendapatkankriteriabaik(807%)dengankategoribaik.(3).PemanfaatanmediabendakongritdalampembelajaranpadasiklusIhanyamencapai714%danmengalamipeningkatanpadasiklusIImencapai100%.(4)Hasilbelajarpadapratindakandenganrata-ratakelas5722tergolongrendahmengalamipeningkatanpadasiklusIdenganrata-ratakelas666danmengalamipeningkatanlagipadasiklusIIdenganrata-ratakelas7777meskipunada2siswayangbelumdapatmencapaikriteriaketuntasanbelajarindividudenganskor70yangdisebabkanolehbeberapafaktor.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)pemanfaatanmediabendakongritjugatelahberhasilmeningkatkanperolehanhasilbelajarsiswa.Haliniterbuktisebanyak16siswatelahmencapaikriteriaketuntasanbelajaryangdiharapkanyaituskor70sementaraada2siswayangbelumbisamencapaikriteriaketuntasanbelajardisebabkanbeberapafaktor.(2)DampakpembelajarandenganmemanfaatkanmediabendakongritpadasiswakelasVSDNBenerwojoKecamatanKejayanKabupatenPasuruantelahberdampakpositifterhadapaktivitasbelajarsiswadalampembelajaran.Haliniterbuktisemuasiswa(999%)telahmencapaikriteriayangdiharapkan.Selanjutnyapenelitimenyarankanuntukparaguruagardapatmemanfaatkanmediapembelajaranbendakongrityangadadisekitarsiswadanmenyesuikannyapadasetiapprosespembelajaransehinggahasilbelajardiharapkanakanlebihbaik.Sekolahdiharapkandapatmenyediakanmediapembelajaranyangdibutuhkanagarpembelajaranberlangsungmenyenangkanbagisiswa.KepalaSekolahhendaknyaselalumemberikandukungandanmotivasikepadaparaguruuntukmengembangkanpengetahuanyangtelahdiperoleh.