Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar di kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Nanik Fadiah
Main Author: | Fadiah, Nanik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102668/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFadiahNanik.2009.PeningkatanKeterampilanMenulisKaranganDeskripsiDenganmediaGambarDiKelasIVSDNSumberanyarIVKecamatanNgulingKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanPendidikanGuruSekolahDasar.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiM.Pd(II)MuchtarS.PdM.SiKatakunciketerampilanmenuliskarangandeskripsimediagambarSDBerdasarkanstudiawalpenelitidaripengalamanselamamengajardisekolahdasarkelasempatmulaipadaJuli2006ditemukanbahwasiswadalammenulisdeskripsimasihcenderungindividusehinggasiswamengalamikesulitandalammenulis.Kesulitanyangdialamisiswadalammenyusunkarangandeskripsiyangdihasilkandapatdiidentifikasikanbeberapakelemahanyaitu(1)siswabelummampumengembangkankarangansesuaidengancirikarangandeskripsi(2)siswamasihbelumdapatmemilihkosakatayangtepatdalammempertajamkarangandeskripsinya(3)kualitasidetulisanyangdihasilkanmasihrendahdan(4)kemampuansiswadalammengorganisasiidemasihbelumbertatadenganbaik.Adapunrumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)bagaimanaprosespembelajaranBahasaIndonesiamenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambar(2)apakahpembelajaranbahasaIndonesiadenganmenggunakanmediagambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsi.TujuanPTKiniyaitu(1)mendeskripsikanprosespembelajaranbahasaIndonesiauntukmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambar(2)mendeskripsikanpeningkatanketeramplanmenuliskarangandeskripsi.PenelitianiniberbentukPenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiriatas2siklus.Setiapsiklusterdiriatas4komponenyaituperencanaantindakanobservasidanrefleksi.PTKinidilaksankandikelasIVSDNSumberanyarIVkecamatanNgulingKabupatenPasuruan.KesimpulandariPTKiniadalah(1)prosespenerapanpembelajaranbahasaIndonesiadalammenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambarditempuhdenganlangka-langkahsesuaidengantahapanpengguaanmediagambar(2)denganpenerapanmediagambarpadapembelajaranbahasaIndonesiadalammeningkatkanketetamppilanmenuliskarangandeskripsisiswakelasIVSDNSumberanyarIVkecamatanNguligKabupatenPasuruanmengalamipeningktanpadasiklusIsiswayangmendapatnllaidiatas60ada32%sedangkanpadasilusIIsiswayangmendapatnilaidiatas60mencapai60%..sarandariPTKiniyaitudalamprosespembelajaranbahasaIndonesiadalammenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambardapatditerapkandandikembangkandenganbaikdikelsIVsesuaidenganlangkah-langkahyangbenar.