Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar di kelas IV SDN Sumberanyar IV Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Nanik Fadiah

Main Author: Fadiah, Nanik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/102668/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFadiahNanik.2009.PeningkatanKeterampilanMenulisKaranganDeskripsiDenganmediaGambarDiKelasIVSDNSumberanyarIVKecamatanNgulingKabupatenPasuruan.SkripsiJurusanPendidikanGuruSekolahDasar.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiM.Pd(II)MuchtarS.PdM.SiKatakunciketerampilanmenuliskarangandeskripsimediagambarSDBerdasarkanstudiawalpenelitidaripengalamanselamamengajardisekolahdasarkelasempatmulaipadaJuli2006ditemukanbahwasiswadalammenulisdeskripsimasihcenderungindividusehinggasiswamengalamikesulitandalammenulis.Kesulitanyangdialamisiswadalammenyusunkarangandeskripsiyangdihasilkandapatdiidentifikasikanbeberapakelemahanyaitu(1)siswabelummampumengembangkankarangansesuaidengancirikarangandeskripsi(2)siswamasihbelumdapatmemilihkosakatayangtepatdalammempertajamkarangandeskripsinya(3)kualitasidetulisanyangdihasilkanmasihrendahdan(4)kemampuansiswadalammengorganisasiidemasihbelumbertatadenganbaik.Adapunrumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)bagaimanaprosespembelajaranBahasaIndonesiamenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambar(2)apakahpembelajaranbahasaIndonesiadenganmenggunakanmediagambardapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsi.TujuanPTKiniyaitu(1)mendeskripsikanprosespembelajaranbahasaIndonesiauntukmeningkatkanketerampilanmenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambar(2)mendeskripsikanpeningkatanketeramplanmenuliskarangandeskripsi.PenelitianiniberbentukPenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiriatas2siklus.Setiapsiklusterdiriatas4komponenyaituperencanaantindakanobservasidanrefleksi.PTKinidilaksankandikelasIVSDNSumberanyarIVkecamatanNgulingKabupatenPasuruan.KesimpulandariPTKiniadalah(1)prosespenerapanpembelajaranbahasaIndonesiadalammenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambarditempuhdenganlangka-langkahsesuaidengantahapanpengguaanmediagambar(2)denganpenerapanmediagambarpadapembelajaranbahasaIndonesiadalammeningkatkanketetamppilanmenuliskarangandeskripsisiswakelasIVSDNSumberanyarIVkecamatanNguligKabupatenPasuruanmengalamipeningktanpadasiklusIsiswayangmendapatnllaidiatas60ada32%sedangkanpadasilusIIsiswayangmendapatnilaidiatas60mencapai60%..sarandariPTKiniyaitudalamprosespembelajaranbahasaIndonesiadalammenuliskarangandeskripsidenganmenggunakanmediagambardapatditerapkandandikembangkandenganbaikdikelsIVsesuaidenganlangkah-langkahyangbenar.