Pemanfaatan media neraca bilangan untuk meningkatkan hasil belajar operasi perkalian bilangan siswa kelas II SD Negeri Tundosoro Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Andika Martaning

Main Author: Martaning, Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/102664/
Daftar Isi:
  • Matematikamerupakansalahsatupendukungperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Rendahnyahasilbelajarmatematikasalahsatupenyebabnyaadalahdayatariksiswaterhadapmatapelajaranmatematikamasihkurang.Asumsiyangdidapatbahwamatematikamerupakanmatapelajaranyangsulitdanmembingungkanterutamadalammenyelesaikansoal-soalperkalian.Penelitiberasumsibahwadenganmedianeracabilangansiswaakanbersemangatdalammengikutipembelajaranmatematikatentangoperasiperkalianbilangansehinggadapatmeningkatkanhasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)pembelajaranmedianeracabilanganuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikaoperasiperkalianbilangansiswakelasIISDNTundosoro(2)peningkatanhasilbelajarmatematikaoperasiperkalianbilangansiswakelasIISDNTundosorosetelahdilaksanakanpembelajaranmatematikamenggunakanmedianeracabilangan.PenelitianinimenggunakanrancanganPTK.SubyekpenelitianiniialahsiswakelasIISDNTundosorosebanyak30siswa..Instrumenyangdigunakanadalahteslembarobservasidanwawancara.Teknikanalisisdatayangdipakaiadalahrata-ratadanpersentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmedianeracabilanganuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIISDNTundosorodilakukandengancarasiswamengisilembartesakhirtentangoperasiperkaliankemudianditukardengantemanlaindansiswayangditunjukmajuuntukmempraktekkandenganmenggunakanmedianeracabilangan.Peningkatanhasilbelajarsiswaditunjukkandarinilairata-ratapretestdanpostestpadasiklusImeningkatdari52menjadi676.sedangkanpadasiklusIIditunjukkandarinilaipostestpadasiklusIImeningkatdibandingkanpadasiklusIyaitu676menjadi85.Kesimpulanyangdapatdiperolehdaripenelitianiniadalah(1)pembelajaranmenggunakanmedianeracabilangandapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikaoperasiperkalianbilangansiswakelasIISDNTundosoro(2)peningkatanhasilbelajardapatdilihatdarinilairata-ratapretestdanpostestpadasiklusImeningkatdari52menjadi676.SedangkannilaipostestpadasiklusIIjugameningkatdibandingpadasiklusIyaitudari676menjadi85.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)gurudalampelajaranmatematikahendaknyamenggunakanmediapembelajaranyangefektifbagisiswayaitumedianeracabilanganagartujuanbelajarmatematikatercapai(2)sekolahdalamusahameningkatkanmutupendidikanhendaknyamenyediakansaranadanprasaranayangdiperlukanuntukmenunjungpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmediapembelajaran(3)penelitilaindiharapkandapatmelanjutkanuntukmendapatkantemuanyanglebihsignifikan.