Peningkatan hasil belajar PKn materipokok sistem pemerintahan Kabupaten dan kota dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Tri Ajeng Muliyanti
Main Author: | Muliyanti, Tri Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/102644/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAjengTriMuliyanti.2009.PeningkatanHasilBelajarPKnMateriPokokSistemPemerintahanKabupatenDanKotaMenggunakanPetaKonsepPadaSiswaKelasIVdiSDNKarangbesuki1KecamatanSukunKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MuchtarS.PdM.Si(II)Drs.Ir.EndroWahyunoM.siKataKunciHasilBelajarPKnPetaKonsepSistemPemerintahanKabupatendanKota.PembelajaranKewarganegaraandewasainiseringdianggapsebagaipelajaranyangkurangmenarikdanmembosankanbahkanpadaumumnyanilaimatapelajaranPKnkurangmemuaskan.HaliniterbuktidariobservasiawalpenelitidalamprosespembelajaranPKndikelasIVSDNKarangbesuki1Malangmenemukanfaktabahwasiswamerasakesulitandalammemahamimateripembelajaransistempemerintahandesadankecamatan.Itudisebabkankarenagurudalampembelajarandikelashanyamenggunakanmetodeceramahdanpenugasanyangmonotonsehinggamembuatsiswajenuhdantidakbersemangatdalammengikutipembelajaran.Untukitupetakonsepmerupakancarapalingmudahuntukmemasukkaninformasikedalamotakdanuntukmengambilinformasidariotak.Carabelajarmenggunakanbantuanpetakonsepmerupakancarauntukmeningkatkanhasilbelajar.Selainitupetakonsepdapatmembantusiswauntukmemahamimateripelajaranyangdiperolehkarenatidakhanyasekedarhafalanmelainkanbetul-betulmengidentifikasikankonsepyangdiperoleh.Rumusanpenelitianpadapenelitianiniadalah(1)BagaimanakahpenerapanpetakonsepdenganmateripokokSistemPemerintahanKabupatendanKotauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNKarangbesuki1Malang(2)ApakahpetakonsepdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswatentangmateripokokSistemPemerintahanKabupatendanKotasiswakelasIVSDNKarangbesuki1Malang.Berdasarkanrumusanmasalahpenelitianadapuntujuandaripenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpetakonsepdenganmateripokokSistemPemerintahanKabupatendanKotadalammeningkatkanprestasibelajarsiswakelasIVSDNKarangbesukiMalang.(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamenggunakanpetakonsepdenganmateripokokSistemPemerintahanKabupatendanKotadikelasIVSDNKarangbesukiMalang.SubyekpenelitianadalahseluruhsiswakelasIVSDNKarangbesuki1Malangsebanyak35siswa.PenelitianinidiawalidenganmelakukanobservasiawalyangbertujuanuntukmemperolehgambaranawalyangberkaitandengancaragurumengajarmatapelajaranPKn.Hasilyangdiperolehmelaluiobservasiawalkepadasiswamenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswaadalah6060dengannilaitertinggi80dannilaiterendah45dimanasiswayangbelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)masihada14siswa(40%)danhanya21siswa(60%)yangmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).PerbaikanyangdilakukanmelaluiPTKiniterdiridari2siklus.Setiaptindakanmeliputiperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Adapuninstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganteshasilbelajar.SetelahdiberikantindakanpadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi68.77namunada15anak(43%)yangbelummencapaiketuntasansehinggapenelitimelanjutkanuntukmemberikantindakanpadasiklusIIdanrata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi75.64.Berdasarkanhasilpenelitidapatdisarankankepadaparagurusiswadanpenelitiselanjutnyaadalah(1)Bersumberdaripetakonsepinihendaknyagurudapatmengembangkankreatifitasdaninovasipembelajaranyangmenunjangmutupendidikan(2)PenelitianTindakanKelasiniperludikembangkanlebihlanjut(menilaiaspekafektifdanpsikomotorik)melaluitindakanserupakarenapetakonsepterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.