Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IV SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Putri Rachmadyanti

Main Author: Rachmadyanti, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/102642/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarIPSThinkPairShareIPSmerupakansalahsatumatapelajaranyangdidalamnyamemuatmateriyangmenyangkutaspek-aspekkehidupanmanusiasehari-hari.BerdasarkanwawancaradengansiswakelasIVSDNKendalrejo01selamainipembelajaranIPSdianggapsebagaipelajaranyangsulitkurangpentingdanmembosankan.Materi-materiIPSyangcukupluasmembuatsiswamerasakesulitandalammemahamimateri.SelainitufaktormalasmembacajugamenambahanggapanbahwamatapelajaranIPSitusulit.FaktorgurujugamempengaruhikelancaranpembelajaranIPSyangdilaksanakan.PenerapanmetodeceramahyangdominandidukungdenganketiadaanmediapembelajaranakanmenambahmasalahpembelajaranIPS.SehinggaakanmempengaruhihasilbelajarsiswakhusunyapadamatapelajaranIPS.BerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukandikelasIVpadawaktupembelajaranIPSterdapat(1)gurumenggunakanmetodeceramahyangdominansehinggasiswakurangaktif(2)siswakurangberkonsentrasidalambelajarterbuktisaatpembelajaranadayangbermainsendirimengantukkepaladiletakkandiatasmejapadasaatgurumenjelaskanmateri(3)gurutidakmenggunakanmediapembelajaranpadahaladanyamediapembelajaranitupentingsebagaialatbantumengajar(4)suasanabelajarkurangmenyenangkanterlihatsiswamalasmengikutipembelajaran(5)selamapembelajaransiswatidakbelajarsecaraberkelompokmelainkanbelajarsecaraindividusehinggatidakadadiskusi(6)akhirpembelajarantugasdinilaihasilbelajaryangdiperolehyaitunilai880465ada17siswadannilai880565ada7siswa.PadapembelajaranIPSKKMyangditentukanyaitu65.Ada17siswadarijumlahkeseluruhan21siswayanghasilbelajarnyadibawahKKMsehinggamerekabelumtuntas.BerdasarkanwawancarayangdilakukanpenelititerhadapsiswasetelahpembelajaranbahwasiswakurangsukadenganIPSkarenamembutuhkanhafalandansiswainginbelajardengancaraberkelompok.UntukituagardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadantercapainyatujuanpembelajarandalammatapelajaranIPSperludiadakanperbaikanpembelajarandenganmengunakanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshareyaitusiswabelajarsecaraberkelompokdengananggotaberpasangan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MendeskripsikantentangpenerapanpembelajaranIPSmelaluipembelajarankooperatiftipethinkpairsharedikelasIVSDNKendalrejo01KecamatanTalunKabupatenBlitar(2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSmelaluimodelpembelajarankooperatiftipethinkpairsharedikelasIVSDNKendalrejo01KecamatanTalunKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdanjenispenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIV.Dalampenelitianinipenelitisebagaiguru(pengajar)dangurukelas(mitrapeniliti)sebagaiobserver.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranthinkpairsharepadaIPSdikelasIVsudahsangatbaik.Halinididukungdenganmeningkatnyahasilbelajarsiswapadakegiatanthinkpairshare.Hasilbelajarsiswameliputiaspekaktivitasbelajarsiswadannilaiakhirsiswa.Prosentaseaktivitasbelajarsiswapadatahappratindakanmencapai5709%.ProsentaseaktivitassiswapadasiklusIpertemuan1sejumlah654%pertemuan2sejumlah6671%danpadapertemuan3sejumlah6795%.Sehinggadaripratindakansampaisiklus1mengalamipeningkatanprosentaseaktivitassiswasejumlah1086%.PadasiklusIIpertemuan1prosentaseaktivitassiswamencapai7185%pertemuan2mencapai74%pertemuan3mencapai7680%.Sehinggaterjadipeningkatanprosentaseaktivitassiswadarisiklus1kesiklus2sejumlah885%.SecarakeseluruhanterjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswadaripratindakansampaisiklusIIsebanyak1971%.Padaaspeknilaiakhirsiswapadapratindakanmencapai588%siklus1pertemuan1mencapai57%pertemuan2mencapai62%danpadapertemuan3mencapai81%.Sehinggadaripratindakankesiklus1mengalamipeningkatanprosentasenilaiakhirsiswasejumlah222%.PadasiklusIIpertemuan2mencapai85%padapertemuan2mencapai95%danpadapertemuan3mencapai100%.Halinimenunjukkanpeningkatansiklus1kesiklusIIsejumlah19%.SehinggaterjadipeningkatannilaisiswadaripratindakansampaisiklusIIsejumlah4142%.BerdasarkanhasilkesimpulandisarankankepadagurukelasIVKendalrejo01KecamatanTalunKabupatenBlitaruntukmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipethinkpairshare.Halinidikarenakanmodelpembelajaranthinkpairsharemerupakansalahsatumodelpembelajaraninovatifyangberbasispadadiskusikelasdengankelompokberpasangan.Diharapkandenganmodelpembelajaranthinkpairshareinisiswadapatmengembangkankerjasamaberanimengungkapkangagasandanberlatihuntukberfikirkritisdalammenanggapisuatumasalah.Modelpembelajaraninidapatdipilihuntukmenjadikanpembelajaranlebihefektifdanmenyenangkansehinggamateridapatdenganmudahdipahamisiswa.